Loading...
Loading…
Astronom Amati Salah Satu Planet Termuda

Astronom Amati Salah Satu Planet Termuda

Teknologi | inewsid | Senin, 25 Oktober 2021 - 11:10

JAKARTA, iNews.id - Para astronom telah melihat planet-planet muda sebelumnya. Tapi, jarang yang semuda pengamatan yang baru dilakukan para astronom tersebut.

Seperti yang dikatakan CBS News, tim yang dipimpin Universitas Hawaii telah menemukan 2M0437b, salah satu planet termuda yang pernah ditemukan pada usia baru beberapa juta tahun.

Planet bayi ditemukan di pembibitan Taurus Cloud dan cukup muda sehingga masih memancarkan panas seperti lava sejak kelahirannya. Hal terpenting, ini juga merupakan kesempatan yang sangat langka untuk mengamati dunia bayi secara langsung, sebagaimana dikutip dari Engadget.

Para peneliti masih perlu menggunakan optik khusus untuk mengimbangi astmosfer Bumi, tapi mereka tidak perlu menggunakan bintang induk atau trik lain untuk mempelajari planet ini. Ini membantu 2M0437b sekitar seratus kali lebih jauh dari bintangnya dibanding Bumi dari Matahari, mengurangi kemungkinan gangguan.

Para ilmuwan pertama kali melihat planet ini pada 2018 menggunakan Teleskop Subaru, tetapi menghabiskan tiga tahun berikutnya menggunakan Observatorium Keck dan teleskop Hawaii lainnya untuk melacak planet tersebut dan memastikannya terikat dengan inangnya.

Pengamatan di masa depan dapat menjelaskan lebih lanjut tentang pembentukan planet. Mungkin juga tidak perlu waktu lebih lama untuk mengumpulkan lebih banyak detail. Tim berharap Teleskop Luar Angkasa James Webb dapat membantu mendeteksi gas atmosfer dan bulan yang baru terbentuk. Sepenting 2M0437b sekarang, itu bisa menjadi lebih penting di masa depan.

Original Source

Topik Menarik