Loading...
Loading…
Snap: Perubahan Privasi Apple Berimbas pada Bisnis Iklan

Snap: Perubahan Privasi Apple Berimbas pada Bisnis Iklan

Teknologi | inewsid | Jumat, 22 Oktober 2021 - 13:15

SAN FRANCISCO, iNews.id - Snap akhirnya melihat efek dari perubahan privasi Apple iOS 4 pada bisnis iklannya. Bahkan, perubahan tersebut memiliki dampak yang lebih besar dari yang diharapkan.

Snap melaporkan pendapatan lebih dari 1 miliar dolar AS untuk kuartal ketiga 2021. Tapi, meski itu menjadi milestone bagi Snap, angka itu 3 juta dolar AS lebih kecil dari perkiraan perusahaan sebelumnya.

Eksekutif Snap mengatakan perubahan iOS Apple yang mempersulit pengiklan untuk melacak pengguna sebagian besar harus disalahkan. "Bisnis periklanan kami terganggu oleh perubahan pada pelacakan iklan iOS yang diluncurkan secara luas oleh Apple pada Juni dan Juli," kata CEO Evan Spiegel sebagaimana dikutip dari Engadget.

Lebih lanjut, Spiegel juga mengatakan, meskipun mereka mengantisipasi beberapa gangguan bisnis, solusi pengukuran baru yang disediakan Apple tidak berskala seperti yang diharapkan perusahaan. Alhasil, mempersulit mitra periklanan mereka untuk mengukur dan mengelola kampanye iklan mereka untuk iOS.

Namun, itu bukan berita buruk bagi Snap. Perusahaan sekali lagi mengalahkan ekspektasi pada pertumbuhan pengguna, menambahkan 13 juta pengguna aktif harian baru untuk kuartal kedua berturut-turut. Snap sekarang memiliki 306 juta DAU, rekor tertinggi baru bagi perusahaan.

Namun, Spiegel menyebutnya sebagai "kemunduran yang membuat frustrasi" bagi perusahaan. Tapi, dia juga menambahkan peningkatan perlindungan privasi "sangat penting untuk kesehatan ekosistem jangka panjang dan sesuatu yang kami dukung sepenuhnya.

Pembaruan iOS 14.5 memaksa pengembang untuk meminta pengguna secara eksplisit setuju untuk membagikan pengenal perangkat mereka (dikenal sebagai IDFA), yang digunakan oleh pengiklan untuk melacak pengguna di seluruh aplikasi dan layanan.

Meskipun Apple mempratinjau perubahan lebih dari setahun yang lalu, pembaruan tidak dirilis hingga April. Sejak itu, analitik pihak ketiga memperkirakan persentase pengguna iOS yang semakin kecil setuju untuk mengizinkan aplikasi melacak mereka.

Snap bukan satu-satunya perusahaan yang telah memperingatkan tentang perubahan iOS Apple pada bisnis iklannya. Facebook, yang telah secara terbuka mengecam perubahan tersebut selama lebih dari setahun, mengatakan perubahan itu akan berdampak besar pada pengembang dan usaha kecil.

Tapi, Facebook juga telah memperingatkan investor perubahan tersebut kemungkinan akan merugikan pendapatan iklannya sendiri pada 2021. Jaringan sosial tersebut melaporkan pendapatan kuartal ketiganya pada hari Senin, ketika akan membagikan seberapa signifikan pengaruhnya.

Original Source

Topik Menarik