Loading...
Loading…
Data Nasabah Bank Jatim Diduga Bocor dan Dijual Rp3,5 Miliar

Data Nasabah Bank Jatim Diduga Bocor dan Dijual Rp3,5 Miliar

Teknologi | limapagi.id | Jumat, 22 Oktober 2021 - 12:35

LIMAPAGI - Tak hanya KPAI, dugaan kebocoran data serupa menimpa Bank Jatim. Data nasabah diedarkan dan diperjualbelikan di forum hacker, RaidForum seharga USD250 ribu, atau sekitar Rp3,5 miliar.

Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC, Pratama Persadha menjelaskan, ada akun bernama @bl4ckt0r yang mengunggah data berisi informasi pribadi nasabah Bank Jatim di situs Raidforums.

"Data yang ditawarkan berukuran cukup besar, yakni 378GB. Isinya meliputi 259 database beserta informasi sensitif seperti data nasabah, data karyawan, data keuangan pribadi, dan masih banyak lagi," ungkap Pratama, dalam keterangan resmi yang Limapagi.id terima, Jumat (22/10/2021).

Lebih lanjut Pratama menjelaskan, data bocor tentu sangat sensitif dan rentan disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab.

"Oleh karena itu, harusnya ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Perlu dilakukan forensik digital untuk mengetahui celah keamanan mana yang dipakai untuk menerobos," ujar Pratama.

Belum lagi, ada upaya phishing sehingga berisiko bahaya bagi masyarakat.

"Sudah berkali-kali kejadian seperti ini, seharusnya Pemerintah dan DPR bisa sepakat untuk menggolkan UU PDP, SDM harus ditingkatkan, adopsi teknologi utamanya untuk pengamanan data juga perlu dilakukan. Indonesia sendiri masih dianggap rawan peretasan karena memang kesadaran keamanan siber masih rendah," pungkas Pratama.

Original Source

Topik Menarik