Ilmuwan Lacak Sejumlah Asteroid Dekat Bumi, Ada yang Seukuran Empire State Building

Teknologi | inewsid | Published at Senin, 18 Oktober 2021 - 20:10
Ilmuwan Lacak Sejumlah Asteroid Dekat Bumi, Ada yang Seukuran Empire State Building

SAN FRANCISCO, iNews.id - NASA dan badan antariksa lainnya di seluruh dunia berupaya keras untuk menemukan dan melacak semua asteroid dekat Bumi atau near-Earth. Meski dekat dalam skala kosmik, biasanya asteroid dekat Bumi tidak memberikan ancaman nyata bagi Bumi.

Asteroid 2021 TJ15 melakukan pendekatan terdekatnya ke Bumi saat terbang dengan jarak 238.854 mil. Itu jarak yang sama dengan orbit Bulan dari Bumi. Asteroid itu relatif kecil, dengan diameter antara 18 hingga 42 kaki.

Asteroid lain disebut Asteroid 2004 UE, yang diperkirakan berukuran hingga 1246 kaki. Ukurannya membuatnya kurang lebih sama dengan Empire State Building. Asteroid itu akan melakukan pendekatan terdekatnya pada 13 November pada jarak sekitar 2,6 juta mil dari Bumi.

2,6 juta mil setara dengan lebih dari 11 kali jarak Bulan dari Bumi. Asteroid 2004 UE dianggap berukuran sedang. Sebagian besar asteroid yang dianggap dekat Bumi berukuran kecil atau sedang, mulai dari ukuran sekitar 984 kaki hingga 1968 kaki.

Asteroid dekat Bumi yang dianggap besar bisa berukuran hingga 3.280 kaki atau lebih besar. Para ilmuwan yang melacak asteroid dekat Bumi menunjukkan hanya ada sedikit asteroid besar di dekat planet Bumi, sebagaimana dikutip dari Slash Gears.

Asteroid dekat Bumi terbesar berukuran sekitar 10 kilometer. Tapi, hanya satu atau dua dari ukuran itu yang ada. Kita tahu asteroid besar telah menghantam Bumi di masa lalu, yang menyebabkan kepunahan dinosaurus.

Selama dua dekade terakhir pelacakan asteroid dekat Bumi, hanya empat yang telah diamati di ruang angkasa dan kemudian memasuki atmosfer kita telah dilacak. Dalam hal itu, para ilmuwan dapat memprediksi di mana meteorit itu berdampak secara akurat, dan tim dapat keluar dan mengumpulkannya.

Artikel Asli