7 Game Terkenal yang Berasal dari Mod, Banyak yang Nggak Disangka!

Teknologi | upstation.asia | Published at Sabtu, 16 Oktober 2021 - 21:05
7 Game Terkenal yang Berasal dari Mod, Banyak yang Nggak Disangka!

Seorang developer bisa membuat game dari wadah apa saja, termasuk hasil modifikasi (mod) dari gim yang sudah ada.

Siapa sangka, game yang selama ini kita kenal dan mainkan bersama teman-teman merupakan hasil mod dari seorang teknisi yang iseng atau memang berniat ingin membuat gim baru?

Game apa saja yang berasal dari sebuah mod dan berhasil menjadi gim yang diminati gamer di seluruh dunia? Inilah daftarnya!

1. DOTA 2

DOTA 2

DOTA 2 diciptakan saat fase DotA All-Stars di mana gim ini masih dikembangkan sebagai mod di Warcraft III: Frozen Throne. Saat itu, DotA hanya custom map yang dibuat di mode custom scenario yang dibuat oleh Steve Freak (Eul) yang membuat gameplay untuk para hero.

Steve akhirnya membuat game League of Legends yang bergenre Action Real Time Strategy (ARTS), sedangkan Valve merekrut IceFrog untuk mengembangkan ARTS buatan sendiri dan lahirlah DOTA 2 dengan tema MOBA ini.

2. PUBG

Siapa sangka, genre Battle Royale lahir dari sebuah mod. Ya, salah satu game yang membuat genre ini naik adalah PlayerUnknowns Battle Ground atau PUBG.

Brenda Greene alias PlayerUnknown adalah orang yang menciptakan PUBG pertama kali setelah berhasil memodifikasi game Arma 3.

Mekanisme permainan yang unik membuat dirinya dikontrak BlueHole untuk mengimplementasikan PUBG yang rilis setelah dua tahun pengembangan.

3. Counter Strike

Game First Person Shooter terkenal, Counter Strike , juga merupakan hasil mod dari game Half-Life yang mode multiplayer -nya dinilai hambar oleh player -nya. Mod ini dibuat oleh Minh Le dan Jess Cliffe.

Setelah keduanya membuat mod team-based multiplayer, dunia FPS langsung kegirangan dengan mode FPS yang satu ini. Tak butuh waktu lama, Valve merekrut kedua modder tersebut dan lahirlah Counter Strike.

Karena gameplay yang sangat kompetitif, Counter Strike menjadi gim pertama yang dijadikan esports dan telah bertahan selama 16 tahun.

4. Team Fortress

Team Fortress merupakan gim hasil mod dari game Quake di tahun 1996. Saat itu, sang pembuat mod ingin membuat gim sendiri, namun keburu direkrut oleh Valve Software untuk membuat port dari mod Quake tersebut ke dalam game Half-Life.

Team Fortress Classic pun lahir di tahun 1999 sebagai mod Half-Life. Setelah mendapatkan update terus-menerus, Team Fortress resmi menjadi standalone game pada tahun 2003, dan sekuel Team Fortress 2 menjadi gim yang paling banyak dimainkan di tahun 2007.

5. DayZ

DayZ

DayZ memiliki nasib yang sama seperti PUBG , yaitu berasal dari mod game Arma. Bedanya, DayZ merupakan hasil modifikasi dari Arma 2.

DayZ adalah gim bergenre Multiplayer Zombie Apocalypse Survival yang menawarkan kualitas grafis yang telah dikembangkan sejak 2013. Kini DayZ dipersiapkan untuk menghadirkan gameplay single player yang berfokus pada jalan ceritanya.

6. The Stanley Parable

Game Mod

Hanya dengan menghilangkan unsur tembak-tembakan dari game Half-Life, Davey Wreden berhasil membuat mod yang tidak biasa dan disukai oleh para gamer.

Davey mengubah Half-Life 2 menjadi gim The Stanley parable dengan tema Walking Simulator di mana player harus mengikuti instruksi dari narator. Gim dengan formula sederhana ini berhasil mendapatkan 90 ribu download hanya dalam 2 minggu sejak dirilis.

7. Auto Chess

Game Mod

Setelah DOTA 2 dilahirkan dari sebuah mod , gim ini ternyata juga bisa menelurkan sebuah modifikasi yang menarik untuk dimainkan. Developer asal Tiongkok, Drodo , membawa mod ini untuk dimainkan secara mobile .

Karena dilarang oleh Valve selaku pengembang DOTA 2 , Drodo akhirnya membuat karakter sendiri, membuat game Auto Chess dan ternyata diminati oleh para player pada tahun 2019 silam.

***

Itulah 7 game yang lahir dari sebuah mod yang dikembangkan. Apakah ada jenis gim yang tidak kamu sangka berasal dari sebuah modifikasi dari gim yang sudah ada? Tulis di kolom komentar, ya!


Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTubeUniPin Gaminguntuk nonton konten game menarik.

Follow akun sosial media kami di:
Facebook:UP Station Indonesia
YouTube:Upstation Media
Twitter:@Upstationasia
Instagram:@upstation.asia

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord:UniPin Official Community

Artikel Asli