Loading...
Loading…
Tidak Disangka, Foto Makanan Estetik Ini Diambil lewat Kamera OPPO A16!

Tidak Disangka, Foto Makanan Estetik Ini Diambil lewat Kamera OPPO A16!

Teknologi | sindonews | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:30

JAKARTA - Visual produk yang menarik penting bagi toko online untuk membuat konsumen terpikat. Ternyata, membuat foto produk bagus tidak butuh kamera dan ponsel mahal.

Hal tersebut disampaikan pengajar workshop fotografi produk UMKM, Meyani Kristina Ningrum. Ia mengaku sudah mengajar banyak sekali pelaku UMKM untuk bisa membuat foto produk yang estetik.

WhatsApp Rilis Fitur Enkripsi Keamanan Baru, Begini Cara Menggunakannya

"Informasi visual yang bagus efektif bagi UMKM untuk melakukan promosi di sosial media," ujarnya.

Begini cara fotografer Meyani memotret foto produk dengan studio yang sederhana. Foto: dok Meyani Photography

Meyani menyebut bahwa banyak sekali pemilik UMKMterutama ibu-ibuminder membuat foto produk karena tidak memiliki keahlian memotret dan tidak percaya diri dengan perangkatnya. Padahal, Meyani menyebut bahwa ia membuat karya hanya menggunakan kamera OPPO A16 yang dibanderol Rp2 jutaan.

OPPO A16 memiliki tiga kamera belakang, yakni 13MP, 2MP dan 2MP. Adapun kamera depannya dibekali resolusi 8MP. Meyani memberikan sejumlah tips untuk membuat foto produk menarik hanya menggunakan kamera OPPO A16. Berikut beberapa diantaranya:

1. Pastikan Cahaya Optimal

Jika tidak memiliki lampu, pelaku UMKM bisa memanfaatkan cahaya alami. Misalnya memotret di dekat jendela yang terpapar cahaya alami secara maksimal. Pastikan juga memotret di golden hour, yakni 1 jam setelah matahari terbit dan 1 jam sebelum matahari terbenam.

2. Komposisi

Komposisi yang tepat penting untuk memotret makanan agar terlihat lezat dan mengundang selera. Meyani menyarankan agar pelaku UMKM untuk banyak mencoba angle yang pas. Misalnya dari depan, macro, atau bahkan dari atas. "Lama kelamaan Anda akan terbiasa dan bisa menentukan sendiri mana angle yang tepat," katanya.

3. Properti Jadi Pemanis

Supaya foto terlihat lebih estetik dan komposisinya pas, pelaku UMKM bisa menambahkan properti sebagai hiasan. "Tidak perlu beli, kok. Bisa gunakan barang-barang di sekitar yang memiliki warna senada," bebernya.

4. Pentingnya Editing

Setelah memotret, pastikan untuk mengedit foto agar hasilnya lebih menarik. Mulai dari mengatur kecerahan, warna, dan juga menambahkan font atau judul tertentu untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan. Layanan editing foto bisa memakai Lightroom Mobile atau Google Snapseed. Sedangkan menambahkan judul atau teks bisa melalui Canva.

Tes Ketahanan Baterai Xiaomi Redmi 10 untuk Ngegame

5. Menggunakan Mode Expert

Jika sudah terbiasa memotret, pelaku UMKM Bisa memanfaatkan Mode Expert di kamera OPPO A16 dan bereksperimen dengan cahaya natural. Dengan Mode Expert, pelaku UMKM bisa mengatur sendiri ketajaman, bukaan, serta fokus di produknya.

Original Source

Topik Menarik