Kominfo Dorong Pemerataan Akses Internet di Indonesia

limapagi.id | Teknologi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:25
Kominfo Dorong Pemerataan Akses Internet di Indonesia

LIMAPAGI - Pemerintah fokus dalam pemerataan akses internet di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate.

Ia mengatakan pemerintah fokus dalam menuntaskan permasalahan disparitas aksesibilitas atau digital divide dari layanan komunikasi dan informatika di Indonesia, termasuk akses kepada teknologi keuangan digital, dikutip dari Antara.

"Saat ini sudah terbangun di Indonesia 2G, 3G dan 4G Base Transceiver Station (BTS) sebanyak setengah juta BTS, termasuk yang sudah dibangun oleh Kominfo sendiri," kata Menkominfo dikutip dari siaran pers pada Kamis.

Ia melanjutkan, pemerintah sedang merancang pembangunan BTS untuk memenuhi kebutuhan layanan sinyal 4G di seluruh wilayah desa dan kelurahan di wilayah 3T yang blankspot atau yang belum tersedia layanan.

Menteri Johnny memaparkan di akhir tahun 2022, dari total 83.548 desa dan kelurahan di Indonesia sudah terlayani dengan coverage sinyal, khususnya sinyal 4G baik yang dibangun oleh BAKTI Kominfo maupun dengan para operator seluler.

"Para operator seluler telah menyatakan keseriusannya untuk secara simultan menyelesaikan penggelaran 4G BTS di seluruh wilayah Tanah Air, yang belum tersedia layanan atau yang blankspot," kata Menkominfo.

Selain fokus menyelesaikan infrastruktur BTS 4G, Kominfo bersama operator seluler juga telah roll out 5G, termasuk pengalaman 5G (5G experience) yang saat ini sedang dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi yakni Telkomsel untuk mendukung berbagai event nasional, salah satunya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Pengembangan dan rool out operasi komersil 5G ini akan digelar di sembilan kota nasional kita oleh tiga operator yang saat ini telah mendapatkan izin LAIK operasi komersial dari Kominfo, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata," papar Menteri Johnny.

Artikel Asli