Cara Mendapatkan Badge Verified Centang Hijau di WhatsApp

inewsid | Teknologi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:03
Cara Mendapatkan Badge Verified Centang Hijau di WhatsApp

JAKARTA, iNews.id - Cara mendapatkan badge verified centang hijau di WhatsApp mungkin tidak banyak diketahui banyak orang. Mungkin untuk sebagian orang cara badge verified ini memang tidak mudah bagi sejumlah rumah.

Badge verified biasanya diberikan ke akun tertentu. Menurut halaman FAQ WhatsApp, lencana hijau di samping nama kontak mengonfirmasi akun tersebut adalah bisnis yang autentik dan dikenal.

Namun, dalam halaman itu, WhatsApp tidak menjelaskan bagaimana cara mendapatkan badge verified tersebut. Untuk memahami bagaimana Anda bisa mendapatkan green badge di WhatsApp, pertama-tama, Anda harus menyadari verifikasi perusahaan hanya tersedia untuk akun berdasarkann API WhatsApp Business.

WhatsApp tidak memverifikasi perusahaan secara langsung. Proses verifikasi dilakukan melalui Facebook Business Manager. Dan, untuk alasan ini tidak mungkin untuk memverifikasi akun jika tidak didasarkan pada Business API WhatsApp, sebagaimana dikutip dari Callbell.

Supaya lebih jelas berikut ini langkah-langkah cara mendapatkan badget verified hijau di WhatsApp yang telah dirangkum iNews.id, Kamis (14/10/2021).

Membuat dan Verifikasi Facebook Business Manager Account

Langkah pertama yang perlu diambil pengguna adalah mengunjungi business.facebook.com untuk membuat akun Facebook Business Manager. Saat mengunjungi situs ini, Anda harus memasukkan semua detail yang diperlukan terkait dengan bisnis Anda. Detail seperti nama, alamat, info kontak, dan sebagainya.

Dikutip dari Verloop, usai mengirimkan semua detail dan membuat akun Facebook Business Manager, Anda perlu memverifikasinya. Buka Setting> Add halaman Facebook perusahaan> Tautkan akun iklan Anda> Buat ID aplikasi.

Kunjungi bagian pusat keamanan dan verifikasi detail bisnis dengan menambahkan nomor telepon, nama bisnis resmi, dan alamat. Harap dicatat bahwa untuk verifikasi, Anda harus mengirimkan laporan mutasi bank dengan alamat atau dokumen lain seperti yang dinyatakan oleh Facebook. Biasanya, verifikasi berlangsung dalam 2 hingga 45 hari.

Hubungi WhatsApp Business Solution Provider

Business Solution Provider (BSP) dapat mengeluarkann WhatsApp Business API yang memungkinkan bisnis Anda terhubung dengan WhatsApp. BSP memiliki otoritas penuh yang diberikan oleh WhatsApp untuk meninjau kredensial bisnis Anda.

Dengan bantuan BSP, Anda dapat dengan mudah mengelola operasi WhatsApp Business Account. BSP menciptakan platform tempat Anda dapat menangani kemampuan pengiriman pesan, berkolaborasi dengan tim, dan melakukan analisis percakapan yang mendalam.

BSP akan mengumpulkan semua detail yang diperlukan dari bisnis Anda dan mentransfernya ke WhatsApp. Ada banyak BSP di pasar seperti Verloop.io dan Callbell. Dengan BSP, ini akan menjadi pendekatan yang mudah untuk memverifikasi akun WhatsApp Business Anda.

Kirim Detail ke BSP

Langkah ketiga cara mendapatkan badge verified centang hijau di WhatsApp adalah mengirim detail ke BSP. Akan ada sepaket persyarat BSP. Anda perlu memberikan semua detail dengan mengunjungi akun Facebook Business Manager dan mengekstrak detailnya.

Detail seperti nama bisnis terdaftar, alamat, email, nomor kontak, ID manajer bisnis, dan sebagainya. Saat Anda telah mengirimkan semua detail ke BSP, biasanya diperlukan waktu hingga satu bulan untuk diverifikasi.

Jika aplikasi ditolak, Anda dapat mendaftar ulang hanya usai jeda 3 bulan. Sayangnya, tidak ada opsi untuk mengajukan banding. Harap dicatat WhatsApp memiliki semua hak dalam memberikan lencana yang diverifikasi secara resmi untuk akun WhatsApp Business.

Nah, itu tadi cara membuat badge verified centang hijau di WhatsApp yang bisa dicoba. Selamat mencoba!

Artikel Asli