Ini Perbedaan DNS dan IP yang Perlu Kamu Ketahui

okeguys.com | Teknologi | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 23:21
Ini Perbedaan DNS dan IP yang Perlu Kamu Ketahui

OKEGUYS Perbedaan antara DNS dan IP pasti banyak belum mengetahuinya, apalagi sering banget dua istilah ini kamu dengar secara bersamaan.

Sehingga kamu semua tampak bingung dan mungkin langsung menganggapnya sama, padahal jelas keduanya berbeda.

Perbedaan DNS dan IP

perbedaan dns ip
Foto: Unsplash/Thomas Jensen

Secara harfiah, DNS adalah singkatan dari Domain Name Server. DNS adalah tempat berkumpulnya IP address yang dimiliki oleh setiap jaringan. DNS bisa mengatur jalannya IP yang saling terhubung dan memberikan akses untuk mengelompokkan si IP.

Dan juga bisa berguna sebagai secure akses, agar si pengguna komputer bisa jauh lebih aman saat berselancar di dunia maya tanpa takut terdeteksi.

Sedangkan IP singkatan dari Internet Protocol. IP berfungsi sebagai penanda dari satu komputer terhadap sebuah jaringan internet.

Ia terdiri dari kode numeric yang istimewa untuk komputer dan berisi data pengguna jaringan, sehingga server bisa melacak data pengguna yang akan mengakses internet.

Keduanya memang selalu berkaitan, dan memiliki fungsi yang saling support. Makanya wajar jika kamu semua mungkin sering kebingungan mengenai kedua istilah ini.

Tapi karena OKEGUYS sudah menjelaskannya ke kamu, jangan sampai salah mendefinisikannya lagi yah Guys. Dan jangan lupa share artikel ini yah.

Artikel Asli