El Salvador Sisihkan Rp 57M dari Tambang Bitcoin untuk Bangun RS Hewan

katadata.co.id | Teknologi | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:06
El Salvador Sisihkan Rp 57M dari Tambang Bitcoin untuk Bangun RS Hewan

El Salvador akan menginvestasikan sebagian keuntungan operasi Bitcoin untuk membangun rumah sakit hewan. Nilai investasi tersebut diperkirakan mencapai US$ 4 juta atau sekitar Rp 57,2 miliar, sebagaimana disampaikan Presiden El Salvador Nayib Bukele, Sabtu (9/10).

Dalam cuitannya di Twitter,Bukelemenjelaskan bahwa nantinyarumah sakit hewan tersebut akan melayani perawatan dasar dan darurat serta rehabilitasi.

Dilansir dari Reuters, harga mata uang kripto Bitcoinsempat melorothampir 10%pada perdagangan 9September 2021. Kondisi tersebut terjadi setelah negara Amerika Tengah itu menjadi negara pertama di dunia yang mengesahkan cryptocurrencysebagai alat pembayaran yang sah.

Namun, pergerakan harga Bitcoin telah kembali melonjak dan sempat melampaui kenaikan 30%. Melansir Coinmarketcap .com, harga Bitcoin pada perdagangan Minggu (10/10) naik 0,52% dalam 24 jam terakhir di level US$ 55,197 per btc. Adapun dalam sepekan terakhir, harga koin kripto tersebut naik hampir 15%.

Bukele menyampaikan bahwa Bitcoin Trust yang disahkan Kongres pada Agustus lalu, dengan saldo US$ 150 juta, sekarang memiliki surplus sebesar US$ 4 juta."Jadi kami memutuskan untuk menginvestasikan sebagian dari uang itu, dalam hal ini rumah sakit hewan untuk teman-teman berbulu kami," tulis Bukele di Twitter.

Tak hanya mengumumkan rencana saja, Bukele juga membagikan desain rumah sakit hewan yang bakal dibangun dari keuntungan operasi Bitcoin tersebut. Di mana, fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, seperti tujuh kantor, 14 coworking positions , laboratorium, dua ruang kelas, hingga auditorium.

Nantinya, rumah sakit tersebut akan melayani berbagai kebutuhan perawatan kesehatan hewan, mulai dari penanganan darurat, operasi, rawat inap, hingga penata rambut. Untuk penanganan serius seperti refurbishments atau perbaikan hingga X-Ray juga memungkinkan dilakukan di rumah sakit hewan tersebut.

Well start building this pet hospital with our #BTC profits. pic.twitter.com/ontf9xiZJT

Nayib Bukele
Artikel Asli