[Build MLBB] Cara Main Hero Kaja Mobile Legends

esportsnesia.com | Teknologi | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 10:13
[Build MLBB] Cara Main Hero Kaja Mobile Legends

Beberapa hari yang lalu, saya telah membahas tentang hero Marksman yang bernama Granger , dan kali ini saya akan melanjutkan membahas tentang hero Fighter/Support yang terlupakan bernama Kaja . Mari kita bahas!

Mengenal Hero Kaja Mobile Legends

Kaja Mobile Legends merupakan hero role Fighter/Support yang dirilis pada 19 Juni 2018. Kaja memiliki speciality pada control/charge , yang memungkinkan hero ini bisa mengontrol hero atau mengejar hero lawannya.

Review Hero Kaja Mobile Legends

Review Hero Kaja Cover Sebagai hero Fighter/Support , Kaja mempunyai tingkat durability yang cukup besar seperti hero Fighter pada umumnya. Ia memiliki base defense dan base HP yang sangat besar, dan bisa menahan damage yang besar meskipun tidak menggunakan item defense .

Selain itu, Kaja juga mempunyai tingkat ability effect yang sangat tinggi, ia bisa menghasilkan damage yang besar serta memberikan crowd control yang menyebalkan kepada musuh menggunakan skill -nya.

Seperti biasa, saya akan membahas mengenai kelebihan dan kelemahan hero Kaja ini. Apa saja itu?

Kelebihan Kaja Mobile Legends

  • Hero Yang Sangat Licin Dan Lincah

Seperti yang kalian ketahui, Kaja memiliki kemampuan skill berupa dash yang bisa bergerak dengan cepat. Selain itu, basic movement speed dari hero satu ini juga bisa dibilang sangat cepat. Kelebihan ini memungkinkan Kaja bisa melakukan roaming dengan mudah.

  • Memiliki Crowd Control Yang Mematikan

Kemampuan ini memungkinannya dapat meng- counter hampir semua lawannya. Dalam meng- counter hero lawan, Kaja hanya perlu menggunakan kombinasi skill miliknya, seperti menggunakan ultimate yang dapat mengunci dan memberikan suppressed pada lawan dan berikutnya tarik lawan ke belakang.

  • Hero Yang Mudah Dimainkan

Mekanisme skill dari hero Kaja bisa dibilang cukup mudah, ia memiliki hanya tiga skill aktif saja yang bisa kalian gunakan. Oleh karena itulah Kaja sangat mudah dimainkan. Hanya saja, kalian harus mengandalkan timing yang tepat agar bisa mengunci target dengan benar.

  • Kuat Di Early Game

Kaja memiliki damage yang besar serta defensif yang baik bahkan di early game sekalipun. Hal ini menjadi kelebihan Kaja yang mana bisa membuatnya bermain agresif ketika permainan dimulai.

Kelemahan Kaja Mobile Legends

  • Jika Salah Culik, Akan Fatal

Kelemahan pertama terletak pada kemampuan menculiknya menggunakan ultimate Kaja. Bila salah target atau meleset, biasanya akan membuat pertandingan cukup fatal. Bisa saja kalian akan dikalahkan dengan mudah karena hal tersebut. Karena itulah Kaja selalu dituntut harus berhasil jika melakukan serangan inisiasi pada lawannya. Usahakan incar core lawan.

  • Membutuhkan Timing dan Akurasi Yang Tinggi

Hal ini bisa dikatakan ketika Kaja meng- counter hero lawannya. Disini, kalian benar-benar harus tepat dalam menculik hero lawan, usahakan mengincar Mage , Marksman atau Support lawan.

Misalnya dalam suatu team fight kalian harus benar-benar bisa mengincar hero core. Namun bila serangan inisiasi kalian gagal, dan kalian malah menculik hero lain seperti Fighter atau Tank atau Assassin , maka akan sangat fatal dan menjadi titik balik kekalahan kalian.

Skill Set & Combo Hero Kaja Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif Wrath Sanction

Skill Pasif - Wrath_Sanction

Kaja memiliki skill pasif bernama Wrath Sanction yang membuat damage basic attack Kaja meningkat setelah 6 detik. Damage yang diberikan adalah magic damage ditambah dengan 4% dari max HP target dari Kaja.

  • Skill 1 Ring of Order

Skill 1 - Ring_of_Order

Skill 1 Kaja yang bernama Ring of Order dapat memberikan magic damage AoE ( Area of Effect ) ke lawan yang terkena jangkauan skill 1 dari Kaja. Skill ini menyebabkan efek slow kepada musuh yang terkena sebesar 30% yang berlangsung selama 1 detik. Skill ini juga dapat mempercepat cooldown pasif dari Kaja sebanyak 1 detik.

  • Skill 2 Lightning Bomb

Skill 2 - Lightning_Bomb

Skill 2 Kaja yang bernama Lightning Bomb dapat digunakan Kaja untuk kabur sekaligus memberikan magic damage . Dengan skill ini, Kaja akan bergerak ke arah yang ditentukan dan meninggalkan 3 Lightning Bomb di sepanjang jalurnya dan jika lawan mengenai Lightning Bomb itu akan memberikan magic damage kepada lawannya.

  • Skill 3 Ultimate Divine Judgment

Skill 3 Ultimate - Divine_Judgment

Skill 3 Kaja yang bernama Divine Judgment ini dapat digunakan untuk menculik 1 orang dari lawannya. Dengan skill ini, Kaja dapat menculik satu lawannya dan memberikan magic damage serta mengurangi magic defense lawannya sebanyak 10.

Lawannya akan terikat selama 1.5 detik dan jika itu hero core waktu 1.5 detik itu sangat cukup untuk membunuh hero core tersebut. Selain itu, Kaja juga menyerap 2x dari magic defense lawan yang ditariknya.

Combo Hero Kaja

Ketika hendak menyerang lawan, kalian harus memperhatikan timing , ada kombinasinya yang harus diterapkan agar target benar-benar terbunuh. Berikut adalah combo skill -nya,

Apabila target jauh, kalian bisa menggunakan battle spell Flicker untuk mendekat, kemudian gunakan skill 3 ultimate , lalu tarik menggunakan skill 2 dan berikan burst damage dengan menggunakan skill 1. Pastikan kalian ada back up damage dealer untuk menghabisi hero lawan yang ditarik tadi.

Selain itu, Kaja sangat bagus jika di duetkan oleh hero-hero di bawah ini.

  • Combo Hero Kaja #1: Lunox ( Mage )

Hero Lunox Lunox masih jadi salah satu hero yang paling ditakuti hingga saat ini. Hero Mage ini dibekali dengan berbagai skill yang membuatnya menjadi sangat berbahaya.

Ultimate -nya, Order & Chaos , mampu membuatnya mengeluarkan damage yang besar sekaligus kemampuan untuk kebal dari skill crowd control lawan.

Dengan gabungan Divine Judgment milik Kaja, Kaja dapat berperan besar untuk membantu Lunox menghabisi musuh. Ketika Kaja berhasil menarik salah satu musuh, Lunox pun harus segera mengaktifkan Order & Chaos Darkening . Setelah itu, serang musuh dengan skill Chaos Assault -nya.

  • Combo Hero Kaja #2: Kimmy ( Marksman/Mage )

Hero Kimmy Mobile Legends Cover Hero hybrid Marksman/Mage ini dikenal sebagai salah satu hero yang cukup sulit untuk dimainkan.

Basic attack -nya yang dapat ditembakkan tanpa henti sambil bergerak mampu membuat musuh kehabisan HP dengan cepat. Nah, skill mematikan tersebut bakal sangat tepat digabungkan dengan ultimate -nya Kaja.

Cukup menunggu Kaja menarik lawan ke arah Kimmy, aktifkan Energy Transformation milik Kimmy , lalu tembakkan basic attack ke arah lawan tersebut. Hit magical damage yang cepat dan besar dari serangan ini serasi dengan pengurangan magic resistance dari skill ultimate Kaja.

  • Combo Hero Kaja #3: Selena ( Assassin/Mage )

Hero Selena Terakhir ada Selena . Pastinya sudah tahu jika skill Abyssal Arrow miliknya bisa membuat musuh kerepotan. Begitu terkena lele-nya Selena, musuh bakal menerima efek stun selama 0,5 hingga 3 detik.

Apa yang lebih merepotkan dari Abyssal Arrow -nya Selena? Tentu saja ketika skill tersebut dipadukan dengan Divine Judgment milik Kaja. Tunggu Selena melemparkan lele ke arah lawan, lalu disusul dengan Divine Judgment . Musuh akan pasrah.

Build Item Kaja

Build Item Hero Kaja

  • Arcane Boots

Item_Arcane_Boots

Item pertama adalah Arcane Boots yang merupakan item penting di early game bagi Kaja.

Arcane Boots ini memberikan tambahan status 15 magical penetration dan 40 movement speed yang dapat berguna untuk early game . Bisa dibilang sepatu ini adalah sepatu wajib yang dipakai oleh Kaja damage karena Kaja adalah tipe hero yang memiliki damage magic yang besar juga.

  • Calamity Reaper

Item Calamity Reaper

Berikutnya ada item Calamity Reaper . Item ini menjadi item wajib kedua untuk Kaja. Calamity Reaper memiliki pasif yaitu memberikan tambahan true damage sebesar 120% dari magic power selama 3 detik.

Itu terjadi setelah Kaja mengeluarkan skill dengan cooldown pasif Calamity Reaper sebesar 1.5 detik dan memberikan tambahan movement speed sebesar 10% dalam waktu singkat.

Hal ini membuat Kaja sangat cocok menggunakan item ini karena Kaja adalah hero yang mengkombinasikan skill dan basic attack yang dia miliki.

  • Holy Crystal

Item_Holy_Crystal

Selanjutnya ada item Holy Crystal . Ini merupakan salah satu item penting untuk seluruh hero Mage salah satunya adalah Kaja.

Holy Crystal dapat menambah magic attack dari penggunanya sebesar 21% 35% tergantung dari level penggunanya.

Hal ini yang membuat Holy Crystal menjadi item wajib ketiga untuk Kaja dengan tambahan status +100 magic power dan pasif dari item ini membuat Kaja memiliki damage magic yang besar.

  • Feather of Heaven

Item Feather of Heaven

Feather of Heaven adalah item wajib keempat untuk Kaja.

Feather of Heaven ini memiliki pasif yaitu basic attack dari hero yang memakai item ini akan memberikan 40% magic attack sebagai magic damage tambahan kepada lawan yang dikenainya.

Hal ini membuat Feather of Heaven menjadi salah satu item wajib Kaja agar dapat melakukan burst kepada lawannya.

  • Fleeting Time

Item Fleeting Time

Selanjutnya ada item Fleeting Time . Item ini merupakan salah satu item wajib bagi hero Kaja.

Atribut yang diberikan berupa +70 magic power dan +10 c ooldown reduction.

Item ini juga memiliki kemampuan pasif yang membuat cooldown skill ultimate Kaja berkurang sebanyak 35% jika mendapat kill atau assist.

  • Immortality

Item_Immortality

Terakhir merupakan item defense , saya menyarankan untuk menggunakan item Immortality . Immortality merupakan item yang wajib dimiliki Kaja.

Dikarenakan Kaja bertugas untuk maju kemudian menculik core lawan, untuk itu, diperlukan item yang mampu mendukung peran tersebut.

Immortality akan menambah atribut berupa +800 HP dan +40 magic resistance.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Kaja

Emblem

Emblem yang cocok untuk digunakan Kaja sebagai hero Mage di mid lane adalah emblem Mage dengan efek battle Magic Worship (yang dikombinasikan dengan Agility + Contract ).

Karena penggunaan emblem ini akan meningkatkan damage dan menyebabkan efek burn in kepada lawan. Emblem ini sangat berguna untuk jika join saat team fight sambil mengisi HP ( shield ) yang hilang karena terkena damage lawan.

Battle Spell

Ada 2 battle spell yang disarankan, yaitu Flicker dan Flameshot .

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Battle spell utama yang cocok untuk digunakan Kaja adalah Flicker . Battle spell Flicker dapat kalian gunakan untuk kabur tepat ketika Marksman, Mage atau Support lawan berhasil menangkap kalian atau untuk bermain aman.

  • Battle Spell Flameshot

Battle Spell Flameshot

Sedangkan battle spell Flameshot ini memberikan kesempatan bagi Kaja untuk membunuh musuh karena menyebabkan slow kepada lawan yang terkena. Selain itu, damage yang diberikan oleh Flameshot ini akan meningkat seiring banyaknya item yang dimiliki oleh Kaja.

Counter Hero Kaja

  • Counter Hero Kaja #1: Kagura ( Mage )

Hero Kagura Untuk melawan Kaja, bisa dibilang kita memerlukan hero yang mampu memberikan damage dari jarak yang cukup jauh. Kagura salah satunya yang bisa meng- counter Kaja dengan burst damage -nya yang pastinya bakal bikin Kaja langsung mati ditempat.

  • Counter Hero Kaja #2: Change ( Mage )

Hero Chang'e Cover Counter Kaja berikutnya masih hero Mage yaitu Change . Dengan ultimate Meteor Shower dan tambahan movement speed yang dimilikinya, tentunya Kaja akan kesulitan menculik Change.

Hero X Borg Salah satu Fighter yang cocok menjadi lawan sepadan dari Kaja. Pasalnya, kalian tidak perlu takut dengan instant kill yang dilakukan Kaja, karena X Borg sendiri memiliki viraga armor yang akan melindunginya.

Oleh karena itu, dapat dipastikan kalian akan mengungguli Kaja di lane tersebut dengan menggunakan hero ini. Dengan begitu, jika memakai X-Borg dan lawannya Kaja, kita bisa bermain agresif.

Kesimpulan

Meskipun Kaja sudah tidak masuk meta server Moonton saat ini, namun dengan memakai build di atas dan cara bermain yang benar maka Kaja akan menjadi hero yang berguna dengan menciduk core lawan, combo skill maka core lawan akan tewas seketika. Jangan lupa juga untuk memakai timing serta fitur lock hero pada settings .

Artikel Asli