3 Cara bisa pakai aplikasi Android di Windows 11, mudah dan praktis

Teknologi | brilio.net | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:42
3 Cara bisa pakai aplikasi Android di Windows 11, mudah dan praktis

Brilio.net - Seperti yang diketahui, Windows 11 sudah resmi dirilis. Namun, kedatangannya kali ini malah mengurangi fitur dukungan aplikasi Android. Rupanya hal ini sempat memunculkan perdebatan besar di antara tim Microsoft seputar aplikasi Android harus bisa diakses di Windows 11 atau tidak.

Setelah melewati perdebatan, Microsoft memutuskan untuk tidak menyertakan dukungan Android ini di rilis awal ini, namun sedang diupayakan untuk dirilis ke Insiders yang tanggal rilisnya belum bisa dipastikan.

Kalau kamu termasuk pengguna yang tetap kekeh untuk menggunakan aplikasi Android lewat Windows 11, tidak perlu khawatir. Ada banyak emulator Android gratis yang bisa kamu unduh dan mulai gunakan sekarang. Walaupun jauh dari sempurna, aplikasi-aplikasi ini menawarkan solusi yang dibutuhkan saat ini.

Karena Windows 11 masih sangat baru, pengguna mungkin akan mengalami masalah saat menggunakan emulator aplikasi Android gratis tersebut. Sebagian besar emulator memiliki kecenderungan dalam hal gaming. Benar saja, dari ketiga aplikasi pendukung Android ini memiliki tawaran dan fasilitas gaming yang cukup besar. Jadi tidak hanya bisa menggunakan aplikasi Android di Windows 11, tetapi kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur gaming yang ditawarkan.

Untuk lebih jelasnya, ini 3 emulator Android gratis yang bisa digunakan di Windows 11 yang brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber pada Rabu (6/10).

1. BlueStacks.

foto: BlueStacks

Kalau kamu belum tahu, BlueStacks merupakan emulator aplikasi Android terbaik yang tersedia di Windows. Hal ini didasarkan pada dua alasan utama yaitu sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan akses ke Google Play Store.

Di aplikasi ini semuanya sudah ada. Mulai dari akses ke Google Play Store dan mendownload semua aplikasi Android yang diinginkan, hingga bisa menjalankan Chrome. Tidak hanya itu, BlueStacks juga menyediakan BlueStacks Game Center dan aplikasi sistem Android yang siap mendukung aktifitas pengguna.

BlueStacks juga hadir dengan fitur-fitur, mulai dari mendukung keyboard dan mouse, serta gamepad, langsung dari kotak, bisa merekam makro dan menambahkan skrip untuk digunakan dalam aplikasi, dan bahkan mendukung terjemahan waktu nyata untuk aplikasi dalam bahasa yang berbeda.

Ini baru gambaran kecil dari fitur-fiturnya BlueStacks, loh. Jika kamu menginginkan aplikasi Android di Windows 11, BlueStacks harus menjadi aplikasi pertama yang kamu jangkau.

2. GameLoop.

foto: GameLoop

Aplikasi berikut yang juga tidak kalah menariknya adalah GameLoop. GameLoop secara eksklusif berfokus pada game, dan lebih khususnya lagi game PUBG Mobile. Sebelumnya dikenal sebagai Tencent Game Buddy, aplikasi ini secara otomatis menginstal perangkat lunak anti-cheat Tencent yang dimaksudkan untuk game seluler kompetitif seperti PUBG Mobile dan Pokmon Unite. Jika kamu termasuk pengguna yang hanya ingin menjalankan aplikasi Android, GameLoop bisa dibilang bukan emulator yang tepat.

Namun, untuk para gamer, GameLoop adalah aplikasi yang sangat bagus. Di GameLoop, PUBG Mobile sudah diinstal sebelumnya dan pengguna memiliki akses ke lebih dari 1.000 judul melalui toko Google Play Game. Satu-satunya hal yang diperdebatkan adalah perangkat lunak anti-cheat yang berjalan diam-diam di latar belakang setiap kali pengguna menjalankan GameLoop.

3. Emulator Memu dan LDPlayer.

foto: Memu Player

Walaupun kedua aplikasi ini berfokus pada permainan, pengguna bisa menginstal aplikasi Android lainnya secara manual jika diinginkan. Namun, secara keseluruhan, pengguna disarankan untuk tetap menggunakan salah satu opsi lain karena MEmu Emulator dan LDPlayer mempunyai daftar masalah. BlueStacks bisa menjadi emulator Android yang hebat, dan GameLoop sangat bagus jika yang kamu hanya berfokus pada gaming. Emulator Memu dan LDPlayer membutuhkan sedikit banyak peningkatan.

Artikel Asli