Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye: Lensa Pertama Canon untuk Virtual Reality

Teknologi | yangcanggih.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:00
Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye: Lensa Pertama Canon untuk Virtual Reality

Canon mengumumkan lensa RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye. Lensa ini adalah lensa pertama Canon yang dihadirkan untuk membuat konten virtual reality (VR).

Fitur Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye

Menurut Canon, RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye akan masuk di ekosistem VR Canon yang bernama EOS VR System. Ekosistem ini akan terdiri dari kamera Canon EOS R, lensa, dan software khusus penyuntingan konten VR yakni Canon EOS VR Utility.

Secara spesifik lensa ini dirancang khusus untuk sistem kamera dengan RF-mount. Kamera mirrorless full frame Canon pertama yang akan mendapatkan kemampuan VR adalah Canon EOS R5. Canon akan menghadirkan pembaruan firmware untuk EOS R5 dengan fungsi pengambilan gambar VR dan kompatibilitas dengan lensa Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye.

Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye adalah lensa dual fish Eye pertama yang bisa mengambil gambar stereoskopik 3D 180 derajat lewat satu sensor gambar. Artinya, pengguna bisa langsung mendapatkan satu file gambar 3D di resolusi full frame tanpa perlu repot menggabungkan dua gambar menjadi satu. Kehadiran lensa ini diharapkan bisa semakin mempermudah para profesional atau amatir untuk memproduksi konten VR.

Lensa ini membawa kualitas optik lensa L-series Canon. Masing-masing lensa memiliki jarak focal 60mm. Penempatan kedua lensa yang berdekatan diklaim mampu menghasilkan gambar 3D di VR dengan paralaks natural yang mendekati mata manusia.

Fitur Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye yang lain, Canon melengkapinya dengan pengaturan diafragma elektronik dengan opsi dari F/2.8 hingga F/16. Rancanganya juga sudah tahan debu dan air. Jadi, ideal untuk penggunaan di segala kondisi cuaca. Lensa ini juga telah dilengkapi dengan Gelatin Filter Holder yang berfungsi sebagai filter ND untuk memangkas eksposur saat melakukan pengambilan gambar di kondisi pencahayaan sangat terang.

Harga Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye

Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye rencananya akan tersedia di pasaran bulan Desember 2021. Untuk harga Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye US$1999.

Artikel Asli