7 Spesifikasi minimum Windows 7 agar bisa upgrade ke Windows 11

Teknologi | brilio.net | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:42
7 Spesifikasi minimum Windows 7 agar bisa upgrade ke Windows 11

Brilio.net - Setelah sekian lama, kini pengguna Windows sudah bisa menikmati keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Windows 11. Mulai Selasa (6/10) lalu, pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, sudah bisa memanjakan diri mereka dengan fitur-fitur terbaru dari Windows 11.

Dari sekian banyak pertanyaan, apakah Windows 7 bisa di-upgrade ke Windows 11 merupakan salah satu pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Seperti diketahui bahwa pengguna Windows 10 sudah dijanjikan mendapatkan upgrade gratis ke Windows 11. Lalu bagaimana nasib pengguna sistem operasi Windows 7?

Windows 7 sendiri diluncurkan pada Oktober 2009 dan sudah dipensiunkan oleh Microsoft pada Januari 2020 lalu. Menariknya, menurut NetMarketShare pengguna Windows 7 tetap setia dan bahkan menduduki peringkat kedua setelah Windows 10 sebagai sistem operasi Windows pengguna terbanyak (21.99%) per September 2021.

Dalam menanggapi bisa atau tidaknya pengguna Windows 7 upgrade ke Windows 10, vendor laptop Lenovo menjelaskan bahwa ini dimungkinkan, namun tetap harus memenuhi sejumlah persyaratan seperti diharuskannya perangkat pengguna untuk memenuhi spesifikasi minimum dari Microsoft.

Selain itu, pengguna Windows 7 juga disarankan melakukan clean install bukan dengan cara Windows Update seperti biasa. Maksud dari clean install itu sendiri adalah menginstal sistem operasi baru yang dalam prosesnya akan menghapus sistem operasi lama beserta seluruh berkas yang ada dalam harddisk tempat program Windows tersimpan.

Sebagai contoh, jika pengguna menyimpan Windows 7 di harddisk C, maka saat clean install Windows 11 seluruh data akan terhapus. Dari sinilah pentingnya mem-backup sebelum menginstal Windows 11.

Sebagaimana yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/10), pengguna Windows 7 dimungkinkan untuk bisa beralih ke Windows 11. Namun, pengguna tetap harus memperhatikan kompatibilitas perangkat. Untuk lebih jelasnya tentang spesifikasi minimum Windows 7 dan juga perangkat lain, berikut cakupan 7 spesifikasi minimum yang dimaksud:

foto: Flickr/@BiiLbo

1. CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz.

2. RAM: 4 GB.

3. Storage: 64 GB.

4. System firmware: UEFI, harus mendukung.

5. Secure Boot TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

6. GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0.

7. Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel.

Adapun syarat lain yang perlu diperhatikan adalah koneksi internet dan akun Microsoft.


Artikel Asli