Robot Bikinan MIT Bisa Menemukan Barang Hilang, Begini Cara Kerjanya

Teknologi | inewsid | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:05
Robot Bikinan MIT Bisa Menemukan Barang Hilang, Begini Cara Kerjanya

BOSTON, iNews.id - MIT telah mengembangkan robot baru yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan item yang salah tempat. Robot tersebut disebut sebagai RFusion.

Dengan semua hardware dan software yang digabungkan, robot dapat memanfaatkan input visual untuk menemukan dan mengambil item, bahkan jika item tersebut berada di bawah objel lain serta tak terlihat.

Robot prototype menggunakan tag RFID yang melekat pada item yang mengirim sinyal yang dipantulkan oleh antenanya. Sinyal frekuensi radio sangat cocok untuk sistem jenis ini karena bergerak melalui sebagian besar permukaan.

Lengan robot MIT memanfaatkan machine learning yang memungkinkannya secara otomatis memperbesar lokasi yang tepat dari objek yang dicarinya. Robot dapat bergerak langsung ke atas objek, menangkapnya, dan memverifikasi apa yang diambilnya adalah item yang benar.

MIT sepenuhnya mengintegrasikan kamera, antena, lengan robot, dan AI yang memungkinkan RFusion beroperasi di lingkungan apa pun tanpa memerlukan pengaturan khusus. Menemukan benda yang hilang di rumah mungkin berguna, tapi salah satu area penggunaan robot yang paling potensial adalah untuk tugas-tugas seperti menyortir barang dagangan untuk memenuhi pesanan di gudang.

Peneliti proyek telah menyatakan prototipe belum cukup cepat untuk digunakan di industri atau rumah. Para peneliti percaya robot mereka memiliki aplikasi di lingkungan manufaktur dan gudang, sebagaimana dikutip dari Slash Gears.

Robot memulai pencariannya untuk item tertentu dengan mencari objek menggunakan antenanya. Antena memantulkan sinyal dari tag RFID untuk mengidentifikasi area lokasinya, dan kamera kemudian mempersempit lokasi objek. RFusion memiliki tingkat keberhasilan 96 persen untuk mengambil objek yang sepenuhnya tersembunyi di bawah tumpukan.

Artikel Asli