Diilhami Warna 55 Negara, Logo Euro 2024 Resmi Dirilis

Teknologi | rmol.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:22
Diilhami Warna 55 Negara, Logo Euro 2024 Resmi Dirilis

RMOL.Gong perhelatan akbar sepak bola Eropa, Euro 2024, telah resmi dipukul. Ditandai dengan peluncuran secara resmi logo Euro 2024 oleh Konfederasi sepak bola Eropa (UEFA) di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Selasa malam waktu setempat atau Rabu dinihari WIB (6/10).

Seperti dilaporkan laman resmi UEFA, logo Euro 2024 ini berasal dari bendera dan warna khas 55 negara anggota UEFA yang mengikuti bentuk atap dari Olympiastadion.

Di bagian tengah, trofi Henri Delaunay menjadi centre of interestyang dikelilingi oleh 24 warna yang mewakili 24 tim yang berlaga di Euro.

Untuk Euro 2024, UEFA mengusung tema "United by Football". Ini merupakan slogan yang juga digunakan pihak asosiasi sepak bola Jerman (DFB) saat melakukan proses bidding.Termasuk soal kota-kota yang akan menjadi tuan rumah gelaran Euro 2024 ini.

Presiden UEFA, Aleksander eferin mengatakan,"Menyenangkan bisa melihat logo UEFA Euro 2024 lahir di tempat yang ikonik, Olympiastadion. Mulai saat ini, turnamen telah memiliki brand identity yang merefleksikan ambisi yang kami miliki bersama tuan rumah: Euro benar-benar untuk semua orang. Selama satu bulan, kami akan disatukan oleh sepak bola di jantung Eropa."

Uniknya, meski perhelatan ini akan digelar di Jerman, tapi pihak yang mendesain logo tidak berasal dari negara yang sama. Untuk mendesain dan merancang logo Euro 2024 ini, pihak DFB menggandeng VMLY&R Branding asal Kota Lisbon, Portugal,

Selain Presiden UEFA, acara peluncuran logo Euro 2024 yang berlangsung secara vitual ini juga dihadiri oleh Plt Presiden DFB, Rainer Koch; Direktur Euro 2024, Philipp Lahm; jajaran Walikota Berlin, Dsseldorf, Gelsenkirchen, dan Stuttgart; serta perwakilan kota-kota tuan rumah.

Euro 2024 akan digelar di 10 kota di Jerman. Yaitu Munchen, Berlin, Dsseldorf, Gelsenkirchen, Stuttgart, Koln, Hamburg, Dortmund, Leipzig, dan Frankfurt. Total ada 51 pertandingan yang digelar antara Juni hingga Juli 2024. []

Artikel Asli