17 Perbandingan Google Maps dan Waze, aplikasi GPS mana yang tepat?

Teknologi | brilio.net | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 07:25
17 Perbandingan Google Maps dan Waze, aplikasi GPS mana yang tepat?

Brilio.net - Ketika kamu ingin pergi ke suatu tempat, hal pertama yang dilakukan secara spontan adalah mencari rute terbaik dengan lalu lintas paling ringan dan hambatan sesedikit mungkin. Untuk melakukan ini, seseorang tidak perlu repot-repot lagi karena adanya aplikasi navigasi yang membantu.

Dua aplikasi yang paling populer saat ini bagi pengguna Android dan iOS adalah Google Maps dan Waze. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi-aplikasi ini, seperti menyampaikan informasi rute, menyajikan informasi terkini, memberikan petunjuk arah belokan dalam waktu nyata, dan masih banyak lagi.

Penggunaannya yang mudah dan secara konsisten memberikan petunjuk arah yang akurat, membuat Google Maps dan Waze diminati masyarakat hingga kini.

Berikut ini brilio.net ulas 17 perbandingan antara Google Maps dan Gaze, dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (5/10).

Google Maps.

foto: Pexels/@Ingo Joseph

1. Google Maps memberikan petunjuk arah dan navigasi suara, tersedia untuk mengemudi, berjalan kaki, bersepeda, dan transportasi umum.

2. Sebagian besar, aplikasi ini menggunakan pendekatan berbasis data untuk informasi dan petunjuk arah masyarakat setempat, namun sekarang menyertakan data yang dikumpulkan dari pengguna yang menyediakan kemacetan dan kondisi jalan secara real-time.

3. Google Maps dapat digunakan baik online maupun offline dengan petunjuk arah belokan demi belokan yang ditawarkan dalam mode offline.

4. Google Maps mencakup bisnis dan landmark lokal, termasuk informasi seperti menu, jam buka, dan nomor telepon.

5. Google Maps memiliki antarmuka navigasi dasar tetapi tradisional yang mencakup banyak informasi tetapi dapat terlihat berantakan.

6. Terdapat pilihan navigasi suara termasuk mengemudi, bersepeda, dan berjalan kaki, berbagi lokasi secara realtime, dan petunjuk arah augmented reality.

7. Fitur penunjuk jalur memungkinkan pengemudi mengetahui jalur mana yang harus mereka lewati sebelum berbelok.

8. Google Maps mengintegrasikan Google Assistant, Google Street View, jaringan transportasi dan perusahaan ride-sharing, dan Google Search.

9. Pengemudi bisa menemukan mobil yang diparkir dengan mudah karena aplikasi ini menyimpan lokasi parkir dan memiliki lokasi stasiun pengisian EV.

Google Maps membawa pengguna ke tujuan secara tepat waktu dan juga memperingatkan pengemudi tentang kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Peringatan Google Maps lebih umum daripada Waze, karena Google Maps tidak memiliki integrasi sosial tingkat tinggi yang sama.

Namun, Google Maps memang memiliki tampilan peta yang lebih besar dan lebih informatif, yang seringkali menunjukkan rute dan layanan sekitarnya dengan lebih jelas.

Waze.

foto: Waze

1. Waze memberikan petunjuk arah secara eksklusif dan difokuskan pada mengemudi.

2. Aplikasi ini menggunakan informasi langsung, berbasis komunitas, dan bersumber dari kerumunan tentang kondisi jalan waktu nyata dari pengemudi.

3. Waze memerlukan koneksi data.

4 Waze melacak kondisi jalan tanpa informasi bisnis komunitas.

5. Waze memiliki antarmuka yang ramping dan minimal dengan banyak opsi penyesuaian dan grafik 3D.

6. Waze menampilkan opsi navigasi suara, termasuk suara selebriti dan kemampuan untuk merekam perintah dengan suara pengguna sendiri.

7. Aplikasi ini memantau kecepatan pengguna dan memberi tahu saat pengguna melaju terlalu cepat.

8. Waze mempunyai Asisten Google di Android dan Siri di iOS, mengingat rute yang sering digunakan, tujuan yang sering, dan waktu perjalanan. Sebagai tambahan untuk, aplikasi ini menawarkan akses satu tombol ke peta tempat parkir di dekat tujuan pengguna.

Membandingkan fitur aplikasi navigasi adalah satu hal, tetapi nilai sebenarnya dari bantuan kedua aplikasi tersebut adalah seberapa cepat dan mudah mereka membawa pengguna ke tujuan. Untuk mengemudi di kota, Waze unggul dalam menemukan rute alternatif di sekitar kecelakaan dan kemacetan lalu lintas dan memperingatkan pengemudi sebelum insiden terkait jalan.

Pelaporan polisi Waze juga membantu pengemudi memantau kecepatan mereka untuk menghindari tilang. Waze terkadang mengarahkan pengemudi melalui lingkungan perumahan atau jalan memutar untuk mencapai tujuan, yang mungkin ideal dalam beberapa situasi, seperti perjalanan yang lebih lama, tetapi mungkin tidak menghemat banyak waktu di tempat tersebut.

Artikel Asli