Astronomo Temukan Exoplanet Aneh Mengorbit Tiga Bintang

inewsid | Teknologi | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 08:34
Astronomo Temukan Exoplanet Aneh Mengorbit Tiga Bintang

SAN FRANCISCO, iNews.id - Para astronom telah mengidentifikasi keanehan kosmik. Identifikasi itu adalah sesuatu yang mungkin menjadi planet pertama yang pernah ditemukan mengorbit tiga bintang.

Sistem GW Ori adalah sistem bintang tiga, dengan tiga bintang terkait satu sama lain oleh gravitasi, dan pengamatan terbaru dari cincin debu di sekitar bintang-bintang menunjukkan ada sebuah plant besar yang mengorbit ketiganya dalam circumtriple orbit.

Pada sebuah gambar, Anda bisa melihat cincin debu di sekitar sistem bintang tiga yang memberi pentunjuk kepada para astronom, mungkin ada planet yang mengorbit di sana. Ada celah yang terlihat di cincin debu, menunjukkan keberadaan planet masif.

Gambar di sebelah kiri diambil dengan menggunakan teleskop Atacama Large Milimeter/submilimeter Array di Chili, dan telah diproses untuk menunjukkan cincin debu dalam kejernihan terbaik. Gambar di sebelah kanan menunjukkan bagaimana cincin terdalam memberikan bayangan di seluruh cincin debu lainnya.

Untuk memahami sistem yang tidak biasa ini, para astronom dari University of Nevada, Las Vegas, menggunakan data yang dikumpulkan ALMA untuk membuat model sistem. Mereka mempertimbangkan berbagai kemungkinan ada yang bisa menyebabkan celah di cincin debu, seperti gagasan itu bisa disebabkan gaya gravitasi tiga bintang di pusat sistem.

Tapi, penjelasan yang paling mungkin untuk penemuan ini adalah keberadaan setidaknya satu planet besar, yang ukuran dan massanya mirip dengan Jupiter. Meskipun sistemya terlalu jauh untuk mendeteksi planet secara langsung, ini adalah mode yang paling cocok dengan data.

Para peneliti berharap mengumpulkan lebih banyak pengamatan menggunakan ALMA di masa depan untuk mengonfirmasi apakah memang ada sebuah planet di sana, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Senin (41/10/2021).

"Ini sangat menarik karena membuat teori pembentukan planet menjadi sangat kuat. Itu bisa berarti bahwa pembentukan planet jauh lebih aktif daripada yang kita duga, yang cukup keren," kata penulis utama Jeremy Smallwood dalam sebuah pernyataan.

Artikel Asli