Cara Hapus Aplikasi Pre-Installed di Android

inewsid | Teknologi | Published at Minggu, 19 September 2021 - 13:50
Cara Hapus Aplikasi Pre-Installed di Android

JAKARTA, iNews.id - Semua ponsel dilengkapai dengan software pre-installed. Beberapa aplikasi ini sangat penting, seperti Messages, phone dialer, built-in browser, dan sebagainya.

Namun, terkadang untuk mencob membedakan ponsel mereka dari pesaing, produsen smartphone Android biasanya menyertakan software custom mereka sendiri. Ini dimaksudkan untuk membuat ponsel mereka lebih menarik dengan aplikasi serta fitur eksklusif yang tak ada di handset lain.

Tapi, terkadang aplikasi pre-installed terasa seperti bloatware. Plus, aplikasi pre-installed juga mengambil beberapa ruang di penyimpanan ponsel Anda. Jadi, jika Anda mencoba menghemat ruang, ini saatnya Anda menghapus aplikasi pre-installed di Android.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini cara hapus aplikasi pre-installed di Android sebagaimana dikutip dari Ubergizmo

Cara Hapus Aplikasi Pre-installed lewat Settings
Salah satu cara untuk menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya adalah dengan membuka menu Pengaturan ponsel Anda. Biasanya di Pengaturan ada opsi bagi Anda untuk mengelola aplikasi Anda, seperti melihat berapa banyak ruang yang digunakan dan menghapusnya.

1. Luncurkan Pengaturan
2. Buka bagian Aplikasi
3. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus lalu ketuk Copot pemasangan
4. Sekarang, perlu dicatat bahwa produsen ponsel yang berbeda menempatkan pengaturan aplikasi mereka di menu yang berbeda, tetapi secara umum itu adalah bagaimana Anda dapat menemukan daftar aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda dan cara menghapus instalannya.

Tapi bagaimana jika Anda tidak dapat menghapus aplikasi tersebut? Ada beberapa aplikasi pre-installed sebelumnya yang dapat dihapus seperti aplikasi biasa, tapi ada beberapa yang tidak dapat dihapus, kecuali Anda ingin melalui masalah rooting ponsel Anda.

Jika Anda lebih suka tidak repot mempelajari cara me-root ponsel Anda, maka hal terbaik berikutnya adalah menonaktifkannya saja. Berikut ini cara menonaktifkan aplikasi pre-installed:

1. Luncurkan Pengaturan
2. Buka bagian Aplikasi
3. Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan
4. Ketuk Izin
5. Ketuk Nonaktifkan

Uninstall Aplikasi lewat Google Play
Jika Anda lebih suka tidak melalui Settings ponsel Anda, uninstall aplikasi melalui Google Play adalah alternatif. Perbedaan utama adalah Google Play akan menunjukkan kepada Anda aplikasi yang telah Anda unduh dari Play Store, sedangkan aplikasi Setting cukup banyak mencantumkan semua aplikasi di ponsel Anda.

Jadi ini mungkin berguna jika Anda mencoba uninstall aplikasi dari Play Store, atau jika Anda ingin memasangnya kembali dari Play Store.

1. Luncurkan Google Play Store
2. Ketuk foto profil Anda
3. Pilih Kelola aplikasi dan perangkat
4. Periksa aplikasi yang ingin Anda hapus
5. Saat Anda siap, ketuk ikon tempat sampah
6. Konfirmasikan Anda ingin mencopot pemasangannya dan Anda sudah siap

Artikel Asli