Review Huawei MatePad T10 Kids Edition

yangcanggih.com | Teknologi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 15:39
Review Huawei MatePad T10 Kids Edition
8
Cek Harga
Huawei Official Store

Tren konsumsi konten digital meningkat signifikan selama masa pandemi. Terutama untuk anak-anak sebagai sarana hiburan hingga edukasi. Untuk itulah Huawei meluncurkan tablet yang memang khusus dirancang untuk anak-anak yakni MatePad T10 Kids Edition. Penasaran bagaiamana performa tablet ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Huawei MatePad T10 Kids Edition

Sejatinya, Huawei MatePad T10 Kids Edition adalah Huawei MatePad T10. Tablet ini membawa panel layar IPS 9.7 inci yang resolusinya 1280 x 800 pixel. Resolusinya memang belum Full HD. Tapi, tampilan di layarnya terlihat cukup tajam. Sudah memadai untuk beragam kebutuhan dari menonton konten multimedia, browsing hingga sarana belajar untuk anak. Satu nilai tambah panel layarnya telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland dan dilengkapi Multi-Layered Eye Protection. Jadi, layarnya akan sangat aman untuk mata anak-anak.

Rancangan bodinya tergolong tipis. Ketebalannya hanya sekitar 7,65mm. Bobotnya juga ringan hanya sekitar 450 gram (tanpa case pelindung). Untuk konektivitas tersedia port USB Type-C dan port audio 3.5mm. Di tablet ini bisa ditemukan dua kamera. Kamera belakang 5 megapixel dan kamera depan 2 megapixel.

Casing dan pena stylus ramah anak

Beda Huawei MatePad T10 Kids Edition dan versi standarnya ada di aksesoris. Dilabeli "Kids Edition" paket penjualannya sudah termasuk dengan casing pelidung dan pena stylus. Istimewanya, case pelindung dan pena stylus tersebut mengusung material food grade. Tidak perlu khawatir jika digigit oleh anak.

Dengan case pelindungnya secara otomatis dimensi menjadi sedikit lebih tebal. Saat case pelindung terpasang ketebalan bodinya menjadi sekitar 14mm. Sementara, bobotnya bertambah menjadi sekitar 794 gram. Masih relatif ringan untuk anak-anak.

Case pelindungnya cukup efektif untuk melindungi tablet ini dari benturan. Huawei juga sangat cermat merancang casing pelindungnya tersebut. Case pelindung dengan warna kombinasi biru hijau ini telah dilengkapi dengan handle yang sangat fungsional.

Jadi, bisa dengan mudah digenggam oleh anak-anak saat berpergian. Handle tersebut juga bisa dilipat ke belakang untuk menopang tablet ini berdiri di atas meja. Atau, bisa juga untuk penggunaan digantung di tembok atau di jok mobil dengan cantolan tambahan.

Di casing pelidungnya bisa ditemukan slot untuk menyimpan pena stylus. Tali pengikat tambahan juga tersedia untuk pengaman agar pena tidak hilang.

Pena stylusnya ini berukuran kecil. Sangat pas untuk ukuran tangan anak-anak. Ujung pena juga bulat dan lentur. Bukan lancip seperti pena stylus pada umumnya. Jadi, akan lebih aman untuk anak-anak. Pena stylus yang dibawanya cukup responsif dengan layar sentuhnya untuk membuat coretan, menulis hingga menggambar.

Fitur Huawei MatePad T10 Kids Edition

Menurut Huawei MatePad T10 Kids Edition dihadirkan untuk anak-anak PAUD hingga sekolah dasar. Jadi, tablet ini membawa fitur ekslusif yang memang khusus dirancang untuk anak-anak di usia tersebut.

Fiturnya bernama Kids Corner. Kids Corner adalah sebuah aplikasi portal untuk mengakses beragam konten edukasi dan hiburan yang dipersembahkan Huawei untuk anak-anak.

Huawei juga menyediakan konten hasil kolaborasi dengan Babybus sebagai mitra ekosistem digital. Anak-anak dapat mengikuti kelas virtual melalui aplikasi konferensi video, membaca eBook, menonton video, menggambar, mewarnai, dan bermain game yang memang disesuaikan dengan usia mereka.

Selain konten satu hal menarik dari Kids Corner adalah fitur dan sistem pengamannya. Kids Corner dilengkapi dengan sistem pengaman Parental Lock pada toko aplikasinya. Jadi, anak-anak tidak bisa sembarang mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Kids Apps. Kemudian, akses menu setting juga bisa diamankan dengan Parental Lock.

Di menu settings orang tua bisa mengakses beragam fitur yang dibawanya. Fitur Eye Protection menyediakan 4 opsi pengaturan yang terdiri dari Blue Light Filter untuk mengurangi pancaran cahaya biru. Posture alert untuk mengingatkan anak-anak untuk merubah posisi jika memegang tablet dalam posisi tidur.

Bumpy Road Alerts akan mengingatkan anak-anak untuk berhenti bermain tablet jika terdeteksi di kondisi jalanan yang tidak mulus, seperti misalnya saat perjalanan di dalam mobil. Kemudian, ada ebook Mode yang secara otomatis akan mengubah warna layar menjadi monokrom. Sangat cocok untuk anak-anak yang gemar membaca buku digital dalam jangka waktu lama.

Kemudian, fitur menarik lainnya adalah Time Management. Fitur ini memungkinkan orang tua untuk memasang screen time atau durasi penggunaan tablet. Durasi bisa dibatasi per harian atau per sesi. Durasi istirahat juga bisa diatur.

Untuk manajeman konten tersedia fitur App management dan Content Management. Di App management orang tua bisa memilih konten-konten apa saja yang boleh dan tidak boleh diakses oleh anak-anak. Sementara, di Content Management orang tua bisa menentukan file foto dan video yang boleh diakses oleh anak-anak.

Tidak bisa dimungkiri saat ini memang beragam konten bisa diakses sangat mudah lewat internet. Dari pengujian kami, fitur pengaman yang dibawa tablet ini memang penting untuk membantu mempermudah orang tua menentukan akses konten yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Fitur screen-time juga sangat efektif untuk membatasi anak-anak menggunakan tablet ini secara berlebihan.

Huawei MatePad T10 Kids Edition menjalankan sistem operasi EMUI 10.1 yang berbasis pada sistem operasi Android 10. Belum menjalankan HarmonyOS yang merupakan OS terbaru dari Huawei. Seperti smartphone dan tablet Huawei yang lain, tablet ini absen layanan Google. Termasuk, tanpa dukungan toko aplikasi Google Play Store.

Tapi, menurut kami ini tidak lagi menjadi masalah. Pasalnya, jumlah aplikasi dari toko aplikasi Huawei AppStore kini semakin berkembang. Beragam aplikasi esensial seperti marketplace, banking, hingga aplikasi multimedia sudah tersedia. Lagipula, sesuai peruntukkannya tablet ini memang dikhususkan untuk anak-anak. Pada prakteknya ketiadaan layanan Google sama sekali tidak mengurangi fungsionalitasnya sebagai perangkat untuk anak-anak bermain dan belajar.

Performa Huawei MatePad T10 Kids Edition

Tablet ini ditenagai chipset octa core kelas menengah Huawei Kirin 710A. Chipset tersebut disokong RAM 2GB dan ruang penyimpanan internal 32GB. Jika kurang ruang penyimpanannya ini bisa ditambah lewat kartu memori microSD dengan kapasitas maksimum hingga 512GB. Hasil benchmark Huawei MatePad T10 Kids Edition sebagai berikut.

RAM 2GB yang dibawanya memang relatif kecil untuk ukuran smarpthone atau tablet kekinia. Tapi, secara keseluruhan performanya terasa cukup kencang. Sudah mumpuni untuk menjalankan aplikasi game, menikmati konten hiburan seperti video dan musik, hingga sarana belajar lewat beragam konten edukasi untuk anak-anak.

Bagi orangtua yang ingin menggunakan tablet ini spesifikasinya juga sudah cukup untuk menjalankan aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office dan browsing. Sementara, kamera yang dibawanya juga sudah cukup memadai untuk mendukung anak mengasah kreativitas dengan belajar memotret. Satu yang absen dari tablet ini hanyalah dukungan konektivitas selular. MatePad T10 Kids Edition hanya tersedia versi WiFi saja.

Baterai Huawei MatePad T10 Kids Edition


Huawei membekali tablet ini dengan baterai yang kapasitasnya 5100 mAh. Untuk pengujian benchmark di aplikasi PC Mark dengan terhubung ke WiFi dan tingkat gelap terang layar 50% daya tahan baterainya bisa hingga sekitar 13 jam. Pada prateknya, untuk penggunaan anak sehari-hari bermain dan belajar yang tidak terlalu intens daya tahan baterainya bisa tahan nyaris 2 hari. Untuk isi ulang baterainya juga perlu bersabar. Pasalnya, Huawei belum memberikan dukungan fast charging atau isi ulang cepat.

Harga Huawei MatePad T10 Kids Edition

Kehadiran Huawei MatePad T10 Kids Edition menurut kami membawa angin segar di pasar tablet Indonesia yang sudah lama lesu. Dengan jargon "Kids Edition" jelas memang pasar yang dituju adalah anak-anak.

Jadi, absennya layanan Google di tablet ini masih bisa dikompromi. Pada prakteknya, lewat fitur ekslusif Kids Corner yang dihadirkan Huawei, MatePad T10 Kids Edition tetap sangat fungsional. Memadai untuk kebutuhan hiburan atau sarana belajar anak. Kehadiran aksesoris case pelindung dan pena stylus yang dibawanya pun tidak hanya sebagai pemanis. Tapi, juga berhasil menjadikan tablet ini unggul di kelasnya.

Huawei MatePad T10 Kids Edition Cocok untuk:

Anak-anak : Tablet ini memang sangat ramah anak. Terbukti dari hadirnya aplikasi Kids Corner, layar dengan sertifikasi TUV Rheinland dan aksesoris case pelindung lengkap dengan pena stylus. Apalagi, case pelindung dan pena stylus tersebut sudah hadir dengan material food grade yang aman untuk anak.

Pelajar : Tidak hanya untuk anak-anak MatePad T10 Kids Edition juga bisa dipilih untuk para pelajar. Terutama untuk pelajar di tingkatan SD. Layarnya yang cukup besar dan spesifikasinya sudah cukup untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara daring sebagai pengganti laptop.

Keluarga : Tablet ini bisa menjadi pilihan untuk tablet keluarga. Spesifikasinya ideal untuk beragam kebutuhan, dari mendukung produktivitas hingga menikmati konten multimedia di layarnya yang besar. Harga jualnya juga cukup terjangkau.

Kelebihan Huawei MatePad T10 Kids Edition
- Dilengkapi case pelindung dan pena stylus dengan material food grade
- Aplikasi ekslusif Kids Corner memadai untuk hiburan dan belajar anak
- Dilengkapi fitur parental lock dan screen time
- Layar besar
- Speaker cukup bertenaga
- Baterai tahan lama
- Harga kompetitif

Kekurangan Huawei MatePad T10 Kids Edition:
- Belum mendukung isi ulang cepat
- Hanya tersedia model WiFi

Tablet ini memadai untuk kebutuhan hiburan atau sarana belajar anak. Fitur ramah anak, aksesoris case pelindung dan pena stylus yang dibawanya juga menjadikan tablet ini unggul di kelasnya.
8
Cek Harga
Huawei Official Store
Artikel Asli