iOS 15 Dipastikan Meluncur 20 September, Ini Deretan Fitur Barunya

limapagi.id | Teknologi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:15
iOS 15 Dipastikan Meluncur 20 September, Ini Deretan Fitur Barunya

LIMAPAGI - Setelah menjalani uji coba beta sejak Juni 2021, Apple kini mengumumkan peluncuran versi resmi sistem operasi baru, iOS 15 dan iPadOS 15 untuk perangkat iPhone dan iPad pada 20 September 2021.

Perangkat yang akan mendapatkan iOS 15 antara lain, iPhone SE Gen-1, iPhone SE Gen-2, iPhone 6S hingga iPhone versi baru. Sementara untuk iPadOS 15 akan hadir di iPad Air 2 hingga yang terbaru, iPad Mini Gen-4, 5 dan 6, iPad Gen-5 ke atas, serta iPad Pro Gen-1 hingga terbaru.

Pengguna bisa melakukan pembaruan sistem operasi secara manual, dengan membuka aplikasi Pengaturan (Settings) lalu pilih Umum (General) dan klik Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

iOS 15 dan iPad 15 menawarkan berbagai fitur teranyar, salah satu yang paling terlihat adalah perubahan panel notifikasi dengan tampilan rangkuman baru.

Berikut deretan fitur lainnya yang akan hadir di iOS 15, melansir dari CNet , Kamis (16/9/2021).

1. FaceTime
FaceTime akan membawa dukungan audio spasial sehingga penggunanya mendengarkan suara saat panggilan video tampak berasal dari posisi mereka di layar. Ini memungkinkan pengguna mendapatkan obrolan video terasa lebih alami dan hidup.

Selain itu, FaceTime juga akan terlihat lebih mirip Zoom dengan adanya fitur menjadwalkan panggilan. Pengguna nantinya bisa membagikan tautan undangan video conference di FaceTime yang juga bisa diakses melalui perangkat Google Android dan Microsoft Windows.

2. iMessage
iOS 15 juga menambahkan beberapa fitur baru iMessage untuk berbagi foto, artikel berita, dan daftar putar. Saat teman mengirimi banyak media melalui iMessage, nantinya itu akan muncul dalam formasi kolase dinamis sehingga tampilan di dalam ruang chat akan lebih ringkas.

3. Apple Maps
Apple Maps akan menampilkan tampilan globe dan 3D yang lebih detail di sejumlah kota. Ada detail jalan baru untuk membantu pengemudi dan informasi lebih lanjut dalam tampilan Transit.

Maps secara otomatis bisa mengikuti pengguna selama rute transit serta perjalanan dan dapat mengingatkan kapan harus turun, serta menawarkan informasi arah yang lebih rinci.

Saat bepergian dengan berjalan kaki, fitur augmented reality baru juga memungkinkan pengguna memindai lokasi dengan kamera iPhone untuk memberikan arah jalan yang lebih akurat.

4. Focus
Guna membantu pengguna tetap fokus saat melakukan tugas di perangkat, Apple menambahkan fitur baru untuk meminimalisir jumlah gangguan yang bisa terjadi.

Di iOS 15 akan hadir Notification Summary, menampilkan ringkasan pemberitahuan yang dapat diberikan kepada pengguna kapan pun mereka mau. Ini menggabungkan semua item terpenting menjadi satu pesan.

5. Weather
Aplikasi Weather di iOS 15 akan menampilkan desain yang menyematkan peta beresolusi tinggi serta animasi latar belakang baru. Selain itu, Apple juga menghadirkan perubahan tampilan berdasarkan kondisi.

Artikel Asli