SpaceX Berhasil Luncurkan Kru Sipil Pertama ke Luar Angkasa

inewsid | Teknologi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:34
SpaceX Berhasil Luncurkan Kru Sipil Pertama ke Luar Angkasa

JAKARTA, iNews.id - SpaceX telah berhasil meluncurkan kru sipil pertamanya ke luar angkasa. Kru menggunakan roket Falcon 9 dan lepas landas dari Launch Complex 39.

Sebuah roket Falcon 9 yang membawa empat awak dalam misi Inspiratin4 lepas landas tepat setelah pukul 20.00 waktu setempat. Selama pendakian cepat, kamera di dalam kapsul Crew Dragon menunjukkan para penjelajah luar angkasa saling berjabat tangan dan mengacungkan jempol ke orang yang menonton.

Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Dr. Sian Proctor, dan Chris Sembroski akan tinggal di orbit selama 3 hari. Selama waktu itu, mereka akan melakukan serangkaian eksperimen ilmiah sambil menikmati pemandangan dari kubah pengamatan kaca pesawat luar angkasa.

Pesawat luar angkasa Crew Dragon akan mengorbit 358 mil di atas Bumi, lebih dari 100 mil lebih tinggi dari International Space Station (ISS). Misi ini menandai pertama kalinya sebuah perusahaan penerbangan luar angkasa membawa kru yang seluruhnya terdiri atas astronot nonprofesional.

Dalam persiapan untuk perjalanan seumur hidup, empat orang Amerika menghabiskan waktu 6 bulan terakhir melalui pelatihan intensif yang mencakup semua aspek misi, dari peluncuran hingga pendarata, serta latihan membangun tim yang melibatkan pendakian gunung.

Isaacman mengamankan misi dalam kesepakatan pribadi dengan SpaceX. Pendiri perusahaan pemrosesan pembayaran Shift4 Payments mengatakan pada awalnya dia ingin menggunakan upaya untuk mengumpulkan dana demi Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude di Memphis, Tennessee.

Ketertarikan pada misi Inspiration4 mendorong Netflix mengumumkan dokumen yang menampilkan kru mempersiapkan penerbangan bersejarah, serta waktu mereka di luar angkasa dan kembali lagi ke Bumi akhir pekan nanti.

Artikel Asli