Prabu Revolusi Ungkap Rumus Pentahelix Dalam Optimalisasi Fungsi Penyiaran Media Digital

Teknologi | inewsid | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:25
Prabu Revolusi Ungkap Rumus Pentahelix Dalam Optimalisasi Fungsi Penyiaran Media Digital

JAKARTA, iNews.id Internet dan teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan di era digital. Peran media di zaman digital bahkan sangat vital dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Oleh karena itu, sudah selayaknya negara hadir untuk menjamin optimalisasi fungsi penyiaran pada media digital. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Prabu Revolusi, seorang praktisi sekaligus akademisi dunia penyiaran yang kini menjabat sebagai News Director Deputy MNC Media.

"Harus ada keberpihakan dari Negara agar kualitas informasi yang diberikan media semakin baik", ungkapnya saat memberikan pemaparan materi dalam acara Konferensi Penyiaran Indonesia 2021, Rabu (15/9/2021).

Dia kemudian memberikan contoh dari pemerintah di 2 negara yang membuat suatu kebijakan yang mendukung para pelaku usaha dan lembaga penyiaran serta media digital untuk semakin berkembang yakni Australia dan China.

Pemerintah Australia misalnya, yang mendorong para perusahaan raksasa dibidang teknologi digital seperti Google, Facebook dan sebagainya agar memberikan 'upah' yang sangat layak kepada portal berita online atas kegiatan jurnalistik yang dilakukan. Hal ini karena pemangku kebijakan di Negeri Kanguru tersebut menyadari betul bahwa media adalah pilar penting dalam kehidupan demokrasi.

Contoh lain adalah China. Walaupun kebebasan berekspresi adalah hal yang tabu di Negara Komunis tersebut, namun pemerintah China justru membuat aplikasi digital bernama 'Toutiao' yang menjadi wadah khusus bagi orang-orang di Negeri Tirai Bambu tersebut dalam mengakses berita.

Toutiao lantas menjadi sebuah bisnis media digital yang menghasilkan dengan 240juta pengguna yang mengakses aplikasi tersebut setiap bulannya yang mana rata-rata setiap user menghabiskan waktu selama 76 menit untuk berselancar di aplikasi tersebut.

Ungkap Rumus Pentahelix
Sebagai praktisi kawakan yang juga sekaligus akademisi dari dunia penyiaran khususnya media digital, Prabu Revolusi lantas mengemukakan masalah yang dihadapi oleh lembaga penyiaran saat ini yakni adanya Disrupsi Media.

"Disrupsi media adalah perubahan radikal pada bagaimana khalayak mengakses informasi yang diakibatkan adanya inovasi teknologi, kehendak politik, situasi ekonomi dan perubahan pola perilaku masyarakat", ucapnya.

Untuk mengatasi tantangan tersebut sekaligus sebagai upaya untuk mencapai optimalisasi fungsi penyiaran media digital, suami artis Zee Zee Shahab tersebut mengungkapkan rumus 'Pentahelix'.

Pentahelix yang dimaksud adalah pentingnya sinergi dan kolaborasi antara lima pihak yang saling berkaitan untuk mencapai cita-cita tersebut.

Selain peran penting Negara, dalam hal ini adalah pemerintah seperti yang telah dipaparkan di atas, pihak-pihak lain seperti Masyarakat, Media itu sendiri, Pelaku Usaha, hingga Akademisi harus saling bersinergi untuk menciptakan iklim penyiaran yang sehat.

Artikel Asli