Vivo Luncurkan Inovasi Imaging Chip V1 untuk Fotografi

limapagi.id | Teknologi | Published at 15/09/2021 14:26
Vivo Luncurkan Inovasi Imaging Chip V1 untuk Fotografi

LIMAPAGI - Vivo resmi meluncurkan terobosan baru, yakni Imaging Chip V1 dengan teknologi yang terintegrasi untuk segmen fotografi. Teknologi ini diklaim mampu menghasilkan gambar maupun video dengan kualitas visual yang unggul.

Ini merupakan System-on-Chip (SoC) yang dikembangkan independen oleh Vivo melalui kerja sama dengan produsen SoC dan melibatkan 300 ahli bidang riset dan pengembangan.

Chip V1 tidak hanya mampu memproses data dengan kecepatan tinggi namun juga bisa menyelesaikan pemrosesan data paralel seperti GPU dan DSP. Untuk memaksimalkan kapasitas pemrosesannya, Vivo Imaging Chip V1 mengoptimalkan penyimpanan data sampai dengan 32 MB.

Ini melampaui jumlah yang umumnya dimiliki komputer lainnya. Selain itu, melalui algoritma khusus yang diimplementasikan, Vivo Imaging Chip V1 mampu mengurangi konsumsi daya hingga 50 persen.

Di samping itu, Vivo juga mengembangkan teknologi lainnya yang dibagi dalam dua fase, yakni jangka pendek (short term track) dan fase jangka panjang (long term track).

Short term track berfokus pada pengembangan teknologi dan fitur antara lain Pop-Up Camera, pemindaian sidik jari pada layar, dan Screen Touch ID. Kedua, long term track mengeksplorasi kapabilitas Vivo dalam pengembangan hardware, algoritma, serta keterbatasan teknologi lainnya yang membutuhkan investasi R&D lebih besar dan kompleks.

Salah satu fokus long term track vivo saat ini adalah pengembangan teknologi penciptaan gambar, yang terbagi dalam empat lingkup strategis, yaitu sistem penciptaan gambar (imaging system), sistem operasi, konstruksi desain, dan kinerja perangkat.

Vivo juga terus mengeksplorasi teknologi dalam imaging system yang merupakan bagian dari jalur strategis jangka panjang. Sebelumnya, sudah ada fitur inovatif Gimbal Stabilization Camera, kemitraan jangka panjang Vivo dan ZEISS dalam vivo ZEISS Co-engineered Imaging System, serta R&D gabungan Vivo ZEISS imaging Lab untuk teknologi fotografi profesional.

Artikel Asli