Update Google Chrome Bawa Perbaikan Kerentanan Keamanan Kritis Ini

inewsid | Teknologi | Published at 15/09/2021 14:10
Update Google Chrome Bawa Perbaikan Kerentanan Keamanan Kritis Ini

REDMOND, iNews.id - Google baru-baru ini mengeluarkan update keamanan penting untuk Chrome, menambal 11 masalah keamanan, termasuk dua kerentanan Zero-day.

Dirilis pada 13 September, Google pertama kali mencantumkan kerentanan yang ditambal di blog Chrome Release. Detail lengkap dirahasiakan karena alasan keamanan. Google ingin sebagian besar pengguna memperbaruinya terlebih dulu.

Banyak masalah mencakup area inti Chrome, termasuk WebGL dan mesin JavaScript V8. Jadi memperbarui sekarang memastikan Anda terlindungi dan tak akan rentan terhadap hacker serta metode serangan lain dari penjahat dunia maya, sebagaimana dikutip dari Digita Trends.

Pembaruan browser ini diluncurkan ke Windows, Mac, dan Linux, meningkatkan Chrome hingga versi 93.0.4577.82. Perhatikan browser berbasis Chromium lainnya seperti Microsoft Edge juga rentan terhadap masalah ini, jadi sebaiknya periksa apakah Anda juga dapat memperbarui browser tersebut.

Untuk memperbarui Google Chrome, tekan tiga titik yang menghadap ke bawah di sudut kanan atas layar Anda. Kemudian pilih Bantuan diikuti oleh Tentang Google Chrome. Peramban kemudian akan secara otomatis memulai proses mengunduh pembaruan terbaru. Anda harus mengeklik tombol Luncurkan ulang untuk memulai ulang Chrome dan menerapkan pembaruan.

Menurut Google, dua kerentanan CVE-2021-30632 dan CVE-2021-30633 dieksploitasi secara aktif. Sayangnya, spesifik tidak tersedia, tetapi ini mencakup Javascript v8 Engine dan bug di DB API.

Google juga berterima kasih kepada peneliti keamanan yang menemukan masalah ini. Para peneliti biasanya akan diberikan "hadiah" untuk mengungkapkan kerentanan perangkat lunak kepada raksasa teknologi, sehingga mencegah mereka digunakan di alam liar oleh peretas.

Artikel Asli