Apple iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max: Tawarkan Layar 120 Hz dan Kamera Lebih Canggih

yangcanggih.com | Teknologi | Published at 15/09/2021 11:30
Apple iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max: Tawarkan Layar 120 Hz dan Kamera Lebih Canggih

Selain meresmikan kehadiran duo iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, Apple juga meluncurkan seri iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Satu hal yang menjadi sorotan, keduanya merupakan iPhone pertama yang dibekali teknologi ProMotion Display. Seperti apa?

Spesifikasi iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro

ProMotion merupakan nama yang digunakan Apple untuk menyebut fitur layar dengan refresh rate tinggi. Pada iPhone 13 Pro, refresh rate layarnya mulai dari 10 Hz hingga maksimal bisa mencapai 120 Hz.

Ukuran layarnya sendiri 6,1 inci, sama seperti seri iPhone 13. Selain itu, Apple mengklaim panel baru tersebut mampu memberikan tingkat kecerahan 25 persen lebih tinggi untuk penggunaan outdoor. Sama seperti duo iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, ukuran notch atau poni di atas layar juga lebih kecil.

Berbicara soal seri Pro tentunya wajib menyoroti sektor kamera. Meski masih mengandalkan resolusi 12 MP, kamera pada iPhone 13 Pro diklaim memiliki lensa yang lebih canggih dan kemampuan proses gambar yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Kamera utamanya dibekali ukuran pixel 1.9 micron dengan aperture f/1.5. Dibanding seri iPhone 12 Pro Max, Apple menjanjikan konfigurasi kamera utama pada iPhone 13 Pro mampu menghasilkan gambar yang lebih bagus saat low light, karena dapat menangkap cahaya 2,2 kali lebih banyak.

Selain itu, pengguna juga disuguhkan kamera telephoto dengan lensa 77mm f/2.8 yang mampu melakukan optical zoom hingga 3 kali. Sementara untuk kamera ultra-wide, iPhone 13 Pro mengandalkan lensa 6-element f/1.8 yang didukung autofocus, dan mampu menangkap cahaya hingga 92 persen lebih banyak. Sebuah peningkatan yang cukup signifikan dari seri terdahulu.

Bahkan, kemampuan autofocus pada kamera ultra-wide ini memungkinkannya untuk berfungsi juga sebagai kamera makro. Perlu diketahui bahwa semua kamera pada iPhone 13 Pro didukung Night Mode, termasuk kamera tele.

Performa iPhone 13 Pro dipersenjatai chipset A15 Bionic. Dengan chipset yang canggih, iPhone 13 Pro mendukung ProRes video yang dapat disunting langsung dari ponsel, dan dapat merekam gambar hingga 4K 30fps. Ada pula dukungan Dolby Vision HDR hingga 4K 60fps.

Spesifikasi iPhone 13 Pro Max

Beralih ke saudaranya yang lebih besar, iPhone 13 Pro Max, Apple menawarkan layar berukuran 6,7 inci. Teknologi yang dibenamkan sama dengan seri Pro, mulai dari panel, chipset, hingga konfigurasi kamera beserta fitur-fiturnya.

Untuk urusan baterai, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max sama-sama menawarkan peningkatan dibanding pendahulunya, yaitu hingga 1,5 jam dan 2,5 jam lebih tahan lama. Selebihnya, tidak ada perbedaan berarti antara seri Pro dengan Pro Max.

Harga iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max tersedia dalam beragam pilihan warna, antara lain Graphite, Gold, Silver, dan yang terbaru, Sierra Blue. Chassis-nya terbuat dari stainless steel, bagian depannya Ceramic Shield, dan bagian belakangnya kaca matte. Sementara kameranya dilindungi sapphire crystal.

Bagi yang berminat, iPhone 13 Pro dijual dengan harga mulai dari US$999, sementara iPhone 13 Pro Max mulai dari US$1099. Yang menarik, kedua ponsel tersebut kini memiliki varian dengan storage lebih besar, yakni 1 TB.

Artikel Asli