Perangkat Samsung Galaxy A52s 5G Resmi Diperkenalkan, Bawa Spesifikasi Mumpuni

dailysocial.id | Teknologi | Published at 15/09/2021 10:14
Perangkat Samsung Galaxy A52s 5G Resmi Diperkenalkan, Bawa Spesifikasi Mumpuni

Tiada hari tanpa rilis smartphone terbaru. Sepertinya jargon tersebut cocok untuk disematkan pada Samsung. Belum lama saya mencoba seri M32 dan M62, lalu ketersediaan resmi seri atas Fold3 dan Flip3 atau juga belum lama seri A03s meluncur kini Samsung memperkenalkan seri Galaxy A52s 5G.

Dalam acara media session secara online, Samsung mengenalkan beberapa keunggulan dan kelebihan dari perangkat menengah atas ini yang nantinya juga akan bisa digunakan untuk mengakses jaringan 5G. Galaxy A52s 5G hadir tidak hanya dukungan 5G tetapi berbagai spesifikasi lain yang cukup mencuri perhatian seperti refresh rate sampai dengan 120Hz serta prosesor menengah tertinggi Qualcomm SD 778G.

Samsung menyebutkan bahwa perangkat ini ditujukan untuk generasi muda pecinta teknologi terdepan. Harga perangkat ini memang cukup atas namun masih di bawah segmen premium. Galaxy A52s dijual dengan harga 6.499.000 tanpa promo.

Dengan desain seri A terbaru, perangkat ini memang memberikan nuansa modern dan trendi, Apalagi warna yang dihadirkan cukup beragam. Tapi yang paling mencuri perhatian tentu saja spesifikasi. Seperti yang disebutkan di atas, yaitu refresh rate 120Hz yang hadir di ukuran layar 6.5-inch. Kualitas layarnya sudah FHD+ Super AMOLED Infinity-O Display (1080 x 2400) dan 407ppi.

Dari spesifikasi ini saja sudah bisa dipastikan bahwa layar yang dibawa A52s 5G akan nyaman digunakan. Baterai yang disematkan cukup besar yaitu 4.500mAh didukung oleh 25W fast charging. Untuk prosesor hadir SD 778G yang disebutkan merupakan seri SD kepala 7 yang paling mentok alias paling tinggi dan sudah mendapatkan upgrade yang signifikan dari seri SD 720G. Prosesor ini mendukung berbagai kegiatan yang ditujukan untuk segmen perangkat ini, yaitu gaming, foto, produktivitas dan hiburan. Kurang lebih all around activities yang memang biasanya menjadi aktivitas segmen menengah atas. Satu perangkat untuk semua aktivitas.

Departemen kamera diisi oleh 4 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera belakang sendiri hadir dengan spesifiksi kamera utama 64MP, lensa Ultra Wide 12MP, lensa Depth 5MP, dan lensa Macro 5MP sedangkan kamera depan 32MP yang tampil dengan mode notch tipe punch hole .

Dari namanya saja sudah bisa terlihat bahwa perngkat ini akan mendukung 5G. Untuk prosesnya, pilihan koneksi nantinya akan hadir lewat pembaruan via OTA. Untuk spesifikasi lain yang cukup penting adalah RAM 8GB dan ROM 256GB, telah mendukung NFC juga sertifikasi IP67.

Dalam kesempatan QnA dalam acara perkenalan perangkat, saya mencoba menanyakan perihal salah satu fitur yang menarik karena disematkan di seri A, yaitu refresh rate 120Hz. Alasan saya bertanya adalah, apakah segmen yang disasar sudah membutuhkan refresh rate ini yang biasa hadir di perangkat premium atau high end, biasanya untuk segmen menengah-atas refresh rate yang dihadirkan 90Hz saja.

Samsung lewat Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, memberikan penjelasan bahwa selain dukungan spesifikasi yang cukup tinggi di A52s 5G ini, seperti kualitas layar, prosesor dan yang lainnya, maka kehadiran refresh rate menjadi lengkap. Selain itu Samsung juga ingin menyasar pasar gamer. Pasar ini memang kini mencari refresh rate tinggi untuk kenyamanan bermain.

Sebagai informasi tambahan, Samsung dengan seri A juga ikut mensponsori salah satu pergelaran turnamen paling bergengsi di game Mobile Legends Bang Bang yaitu MPL yang saat ini memasuki season ke 8.

Nara sumber lain di acara yaitu perwakilan dari Qualcomm, Dominikus Susanto, Senior Manager, Business Development at Qualcomm Indonesia, memberikan penjelasan tambahan, bahwa tidak hanya gamer yang membutuhkan refresh rate tinggi untuk kenyamanan, tetapi juga untuk hiburan seperti video lalu untuk memberikan kenyamanan saat browsing internet.

Saya sendiri adalah salah satu penggemar refresh rate tinggi minimal 90Hz. Dan beranggapan bahwa seharusnya perangkat modern alias yang baru dirilis harusnya sudah menyertakan refresh rate di atas 60Hz. Saya setuju, kenyamanan scrolling adalah pengalaman penggunaan yang selalu saya cari.

Selain beberapa fitur yang telah disebutkan di atas, A52s 5G juga masih menyimpan fitur tambahan yaitu RAM expansion atau yang Samsung sebut sebagai RAM plus. Fitur ini memungkinkan pemilik perangkat untuk mendapatkan tambahan hingga 4GB RAM yang diambil atau dialokasikan dari ROM yang tersedia.

Perangkat Galaxy A52s 5G dijual dengan harga normal 6.499.000 rupiah. Tetapi pada masa pre order dijual dengan harga 5.999.000 rupiah alias ada potongan 500rb rupiah. Pre order perangkat dimulai tanggal 16 18 September 2021. Informasi pemesanan bisa cek tautan ini.

Kalau melihat di atas kertas, perangkat ini memang cukup menarik, harganya memang akan bersaing dengan smartphone lain di segmen dan spesifikasi yang mirip dengan harga yang lebih rendah.

Semoga redaksi DailySocial/Gadget berkesempatan untuk mencoba perangkat ini untuk review sehingga bisa memberikan penilaian yang lengkap atas perangkat.

Artikel Asli