Hasil Pencarian Google "Cari Speaker" Sempat Munculkan Puan Maharani, Ini Kata P

limapagi.id | Teknologi | Published at 14/09/2021 12:25
Hasil Pencarian Google "Cari Speaker" Sempat Munculkan Puan Maharani, Ini Kata P

LIMAPAGI - Google sempat menampilkan hasil pencarian Puan Maharani ketika seseorang mengetikan kata kunci "cari speaker" di mesin pencari Google.

Pantauan Limapagi, sejak kemarin malam atau 13 September warganet bisa melihat 'keanehan' pada hasil pencarian mesin pencari Google. Mereka yang mengetikan kata kunci "cari speaker" terkejut karena tampilan hasil pencarian menampilkan Puan Maharani.

Menurut Ikhsan Karim, Praktisi Search engine optimization (SEO) kepada Limapagi.id, munculnya tampilan hasil pencarian Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani lantaran adanya bug pada sistem algoritma di Google.

Algoritma baru Google membuat sistem mampu melihat kata kunci yang dapat terhubung atau related satu sama lain. Oleh karena sempat viral terkait Puan Maharani mematikan mikrofon pada Oktober 2020, maka sistem masih menangkap kata kunci yang related dengan hal tersebut.

Bukannya related ke mikrofon, namun malah ke speaker, Ikhsan mengungkapkan bahwa algoritma baru memungkinkan hal tersebut dan satu sisi terdapat bug.

Sekadar informasi, Google memakai teknologi GPT-3 (Generative Pre-trained Transformer, generasi ketiga). Teknologi ini memungkinkan kata kunci related berdasarkan kebiasaan para pengguna.

"GPT-3 adalah model bahasa super canggih dalam hal meniru ucapan manusia dan mengambil instruksi langsung dalam bahasa Inggris (sekarang sudah bisa Indonesia lagi penyempurnaan)," kata Ikhsan.

"Sederhananya GPT-3 adalah AI yang lebih baik dalam membuat konten yang memiliki struktur bahasa di dalamnya," terangnya.

Pantauan Limapagi pada hari ini, Google tampaknya sudah menyadari adanya bug terkait kata kunci "cari speaker" yang menampilkan Puan Maharani. Kini, warganet yang mengetikan kata kunci tersebut sudah tidak lagi melihat hasil pencarian Puan Maharani.

Akan tetapi, sebagian netizen yang mungkin masih penasaran mengetikan kata kunci "speaker", dan masih terlihat hasil pencarian terkait Puan Maharani.

Limapagi.id belum mendapatkan respons dari pihak Google terkait hal ini.

Artikel Asli