Kualitas Kamera iPhone Bisa Turun Gara-gara Getaran Sepeda Motor

limapagi.id | Teknologi | Published at 13/09/2021 13:01
Kualitas Kamera iPhone Bisa Turun Gara-gara Getaran Sepeda Motor

LIMAPAGI Apple mengumumkan kabar bahwa getaran pada sepeda motor dapat menurunkan kinerja dan kualitas kamera iPhone.

Menurut MacRumors dilansir TheVerge.com, Minggu (12/9/2021), Apple mengatakan bahwa terdapat frekuensi dan amplitudo tertentu yang harus dihindari pengguna iPhone. Salah satunya yang dihasilkan mesin-mesin besar, seperti sepeda motor.

Pada kamera iPhone, terdapat beberapa sistem yang membantu kamera dalam menangkap gambar.

Dalam laporannya, Apple menyebutkan untuk menghasilkan gambar yang fokus dan tajam secara akurat, lensa iPhone disertakan oleh autofokus loop tertutup (AF) dan stabilisasi gambar optik (OIS).

Tepatnya, OIS membantu kamera iPhone untuk menghindari pengambilan foto buram bahkan ketika ponsel tidak sengaja terguncang.

Dibantu dengan sistem stabilisasi giroskopik, kamera dapat merasakan jika perangkat bergerak dan akan mengikuti gerakannya untuk mengambil gambar yang jelas.

Kemudian, AF berfungsi untuk menahan efek gravitasi dan getaran untuk memberikan fokus tajam pada foto atau video apapun melalui sensor magnetiknya.

Apple mencatat bahwa sistem AF dan OIS dari kamera iPhone dibuat tahan lama, tetapi masih memiliki kelemahan, seperti getaran.

Oleh karena itu, Apple menyarankan penggunanya untuk menghindari penggunaan iPhone atau memasangnya secara teratur dalam waktu lama pada kendaraan yang menghasilkan getaran dan amplitudo tinggi.

Jika dengan terpaksa harus menaruh iPhone pada kendaraan, Apple juga menyarankan untuk menggunakan dudukan peredam getaran. Hal ini untuk mengurangi risiko pada sistem kamera ponsel.

Artikel Asli