Bos Facebook Ramalkan Semua Kacamata di Masa Depan akan Ada Kameranya

jatimtimes.com | Teknologi | Published at 13/09/2021 12:47
Bos Facebook Ramalkan Semua Kacamata di Masa Depan akan Ada Kameranya

JATIMTIMES - Kacamata memiliki fungsi untuk membantu penglihatan atau bisa juga sebagai bagian dari gaya. Namun di masa mendatang, diprediksi bahwa kacamata akan punya kemampuan lebih.

Kemampuan lebih yang dimaksud yaitu sebagai alat perekam yang umum digunakan orang. Ramalan tersebut disampaikan oleh Andrew Bosworth, Vice President of Augmented and Virtual Reality Facebook.

Fungsi untuk menjepret foto menurutnya akan menjadi fitur standar kacamata dalam waktu 1 dekade mendatang. Dengan kata lain, semua kacamata akan ada kameranya.

Facebook sendiri diketahui berkolaborasi dengan Luxoticca dan baru saja meluncurkan kacamata pintar yakni Ray-Ban Stories. Perangkat ini bisa meringkus foto dan video menggunakan kamera kecil, dengan cara ditekan tombolnya atau cukup perintah suara.

"Saya pikir dalam 10 tahun orang akan bilang kenapa kacamata kamu tidak bisa menjepret foto? Itu aneh," ujar Boswrth seperti dikutip dari CNBC, Senin (13/9/2021).

Meski belum begitu banyak peminatnya, kacamata pintar ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Google merupakan perusahaan besar pertama yang memperkenalkannya dengan nama Google Glass pada tahun 2012 silam.

Google Glass memiliki bentuk seperti kacamata futuristis. Selain merekam gambar, kacamata itu punya kemampuan virtual reality (VR).

Produk tersebut akhirnya tidak berkembang dan dimatikan, namun sempat menuai decak kagum saat diperkenalkan untuk kali pertama. Setelah Google dan sebelum Facebook, perusahaan media sosial Snap juga meluncurkan kacamata Spectacles di tahun 2016.

Kacamata tersebut memiliki 2 kamera. Spectacles cukup diminati meski tidak dipasarkan secara luas.

Versi terkininya hanya untuk kreator konten terpilih. Sedangkan, Ray-Ban Stories besutan Facebook belum memiliki kemampuan VR.

Kendati demikian, mungkin saja akan dibenamkan pada produk di masa depan. Dengan semakin banyaknya pemain, mungkin saja kacamata pintar ini akan semakin diminati oleh publik.

Artikel Asli