Teknologi Memory Expansion Dongkrak Performa Reno6 untuk Gaming dan Multitasking

dailysocial.id | Teknologi | Published at 13/09/2021 11:14
Teknologi Memory Expansion Dongkrak Performa Reno6 untuk Gaming dan Multitasking

Smartphone memungkinkan kita untuk terhubung satu sama lain. Perangkat ini telah digunakan untuk banyak hal termasuk menunjang aktivitas belajar dan bekerja, serta menyalurkan hobi baik fotografi, gaming , dan content creation .

Agar dapat menangani berbagai skenario dengan pengalaman penggunaan yang mulus, OPPO memiliki teknologi memory expansion . Teknologi inovatif ini tersedia pada perangkat OPPO tertentu yang memungkinan pengguna untuk melakukan kustomisasi guna meningkatkan performa perangkat dengan mengubah sebagian penyimpanan internal untuk menjadi RAM virtual.

Salah satu smartphone OPPO yang didukung ialah Reno6. Dari segi spesifikasi, Reno6 sendiriditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Berpadu dengan besaran RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, Reno6 dapat menampung puluhan aplikasi dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan.

Dengan RAM expansion, pengguna Reno6 dapat memperluas kapasitas RAM perangkat mereka secara virtual hingga total 13GB. Yang perlu dilakukan adalah membuat perubahan sederhana pada pengaturan telepon, caranya buka setinggs > about phone > RAM dan kemudian aktifkan RAM expansion.

Total ada tiga tingkatan besaran RAM virtual yang disediakan, mulai dari 2GB, 3GB, hingga maksimal 5GB. Setelah diaktifkan, maka besaran penyimpanan internal yang dipilih akan diubah menjadi RAM virtual ketika perangkat dihidupkan ulang.

Dengan begitu, pengguna dapat menikmati peningkatan performa ketika menjalankan aplikasi yang membutuhkan pemanfaataan RAM yang tinggi. Seperti bermain game grafis berat, editing video, dan meningkatkan kemampuan multitasking yang lebih mulus saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang berjalan di latar belakang.

Kalau saya memanfaatkan fitur RAM expansion di Reno6 terutama saat bermain game Genshin Impact dengan grafis rata kanan, hasilnya pergerakan di gameplay terasa berjalan lebih stabil. Tentunya masih banyak lagi manfaat dari RAM expansion, meski semakin banyak RAM yang diatur artinya ruang penyimpanan internal yang tersedia berkurang.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Artikel Asli