Turnamen Esports Pelajar Terbesar Siap Digelar di Indonesia

okezone | Teknologi | Published at 13/09/2021 11:40
Turnamen Esports Pelajar Terbesar Siap Digelar di Indonesia

JAKARTA - Esports dalam bebarapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan pesat. Bahkan di Indonesia disebut-sebut sebagai pasar potensial bagi esports.

Statista memproyeksikan dalam laporannya bahwa pendapatan di segmen Mobile Games mencapai USD 1,487 miliar pada 2021 untuk pasar Indonesia. Sementara itu, data yang dirilis oleh Newszoo menunjukkan bahwa gamer di Indonesia mengabiskan total USD 1,1 miliar pada 2018 dan meningkat menjadi USD 1,74 miliar pada 2020.

Jumlah tersebut diproyeksikan akan mengalami tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 9,63%, sejalan dengan pertumbuhan pengguna yang juga diproyeksikan akan mencapai 75,6 juta pada 2025, berdasarkan laporan Statista.

Andrian Pauline, CEO Team RRQ, pun mengakui bahwa esports di Indonesia telah mengalami perkembangan pesat sejak 16 tahun terakhir. Khususnya di sektor mobile gaming, Indonesia telah menguasai pasar Asia Tenggara dengan 79,58% pendapatan gaming di Indonesia berasal dari mobile gaming, sebagaimana dilansir oleh Newszoo.

Melihat hal ini, Team RRQ sebagai salah satu tim esports terbesar di Indonesia ingin turut andil dalam memperbesar esports di Indonesia dan menciptakan ekosistem yang positif bagi para gamer. Salah satunya adalah dengan memberikan ruang bagi gamers untuk mengasah kemampuan mereka di bidang esports sejak dini.

"Untuk itulah Team RRQ menggelar BNI King of School 2021, sebuah turnamen esports terbesar untuk pelajar SMA/SMK sederajat se-Indonesia yang dikemas secara profesional untuk memberikan pengalaman berkompetisi layaknya di scene profesional," kata Andrian Pauline.

BNI King of School 2021

BNI King of School 2021 merupakan wadah bagi para pelajar SMA/SMK sederajat se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di bidang esports Mobile Legends dan membuktikan bahwa mereka dapat berprestasi dengan bermain game. Saat ini, terlepas dari perkembangan esports yang pesat, anggapan buruk tentang bermain game masih banyak melekat.

Khususnya bagi para pelajar, game sering kali dianggap sebagai pembodohan dan kegiatan yang sia-sia. Karena itulah, melalui BNI King of School 2021, Team RRQ ingin menunjukkan bahwa game juga dapat menjadi ajang kompetisi dan mencetak prestasi.

Dengan lebih dari 1.000 sekolah berkompetisi, BNI King of School 2021 akan menjaring sekitar 7.000 pelajar SMA/SMK sederajat yang mampu menunjukkan permainan terbaik mereka dan menjadi tim pelajar terkuat se-Indonesia. Tidak hanya itu, Team RRQ juga akan mengadakan seminar esports bagi para peserta dan guru yang akan membahas bagaimana hobi dalam hal ini bermain game dan pendidikan dapat berjalan beriringan.

Team RRQ ingin menyebarkan pesan bahwa hobi bermain game juga dapat menjadi prestasi selama diarahkan dengan cara yang tepat. Scene esports kompetitif adalah salah satunya dan Team RRQ ingin menyediakan peluang sebanyak-banyaknya bagi para gaming eunthusiast, khususnya mereka yang masih berstatus pejalar, untuk merasakan ketatnya kompetisi esports di Indonesia.

Artikel Asli