Peneliti Simulasikan Alam Semesta Virtual, Anda Bisa Download Secara Gratis

inewsid | Teknologi | Published at 13/09/2021 09:10
Peneliti Simulasikan Alam Semesta Virtual, Anda Bisa Download Secara Gratis

JAKARTA, iNews.id - Tim internasional telah menciptakan alam semesta virtual terbesar dan paling realistis hingga saat ini. Alam semesta virtual ini disebut Uchuu yang berarti luar angkasa dalam bahasa Jepang.

Tim mensimulasikan 2,1 triliun partikel dalam kubus komputasi yang merupakan 9,63 miliar tahun cahaya di setiap sisinya. Simulasi dibuat menggunakan superkomputer ATERUI II, yang didedikasikan untuk proyek astronomi, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Superkomputer yang terletak di Iwate, Jepang memiliki kinerja puncak lebih dari 3 Pflops. Tapi, bahkan dengan semua kekuatan itu, masih butuh satu tahun penuh untuk mengolah semua data dan membuat simulasi.

Untuk memproduksi Uchuu kami telah menggunakan 40.200 prosesor (CPU Core) yang tersedia secara eksklusif selama 48 jam setiap bulannya. 20 juta jam superkomputer dihabiskan, dan 3 Petabyte data dihasilkan, setara dengan 894.782.853 gambar dari ponsel 12 megapiksel," kata Profesor di Universitas Chiba yang mengembangkan kode untuk proyek itu, Tomoaki Ishiyama.

Simulasi melihat lingkaran cahaya materi gelap yang merupakan struktur skala besar yang dapat memberi tahu tentang pembentukan galaksi dan alam semesta awal. Sifat simulasi skala besar menjadikannya alat yang berharga untuk mempelajari bagaimana alam semesta berevolusi dari waktu ke waktu, karena menunjukkan daerah yang sangat jauh yang mewakili tahap awal kehidupan alam semesta.

Uchuu seperti mesin waktu. Kita bisa maju, mundur, dan berhenti tepat waktu, kita bisa 'memperbesar' satu galaksi atau 'memperkecil' untuk memvisualisasikan seluruh gugus, kita bisa melihat apa yang sebenarnya terjadi setiap saat dan di setiap tempat di Semesta. dari hari-hari awal hingga saat ini, menjadi alat penting untuk mempelajari Kosmos," kata Julia F. Ereza, Ph.D. mahasiswa di Instituto Astrofsica Andaluca di Spanyol yang menggunakan Uchuu.

Jika Anda ingin merasakan keajaiban menjelajahi seluruh alam semesta (virtual) sendiri, maka Anda bisa, karena tim telah membuat seluruh simulasi tersedia untuk diunduh gratis bagi siapa saja yang menginginkannya. Meskipun peringatan yang adil bahkan dikompresi, simulasi membutuhkan 100 terabyte, jadi Anda akan membutuhkan ruang hard drive yang serius.

Untuk mengunduh simulasi dan mengetahui lebih lanjut tentang cara berinteraksi dengannya, Anda dapat mengunjungi situs web simulasi Uchuu dan halaman GitHub terkait. Grup ini juga berencana untuk merilis lebih banyak data di masa depan, termasuk katalog galaksi virtual dan peta lensa gravitasi.

Artikel Asli