Android 12 Beta 5 Boyong Fitur Pencarian Perangkat Baru

inewsid | Teknologi | Published at 09/09/2021 12:05
Android 12 Beta 5 Boyong Fitur Pencarian Perangkat Baru

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Pada sebagian besar Android, saat ini ada bar pencarian Google yang terus menerus di layar home. Dengan menggunakan itu, Anda bisa dengan mudah menemukan segala macam di seluruh web.

Namun, itu tidak menunjukkan hasil dari tempat yang mungkin Anda inginkan yakni ponsel itu sendiri. Google memberitahu mesin pencarian di perangkat yang lengkap akan hadir di Android 12.

Sekarang, dengan peluncuran beta kelima, pengguna bisa melihatnya. Pada ponsel Pixel dengan Android 12 beta 5, Anda bisa mengakses fitur pencarian baru di dalam app drawer.

Di bagian atas drawer terdapat bilah pencarian yang bertuliskan Search your phone and more. Hasil yang akan Anda lihat dari lokasi ini tidak akan menyertakan hasil web, setidaknya tidak secara default.

Sayangnya, tidak diketahui jika ini bekerja juga di Android skin seperti One UI atau Oxygen OS. Namun, itu tampaknya cukup serupa, sebagaimana dikutip dari Android Authority.

Pencarian di perangkat Android 12
Pencarian dengan mesin pada perangkat sangat intuitif. Pertama, Anda memasukkan kueri. Saat Anda mengetik, hasil akan muncul dari seluruh ponsel Anda, termasuk aplikasi, file, setelan, kontak, dan lainnya.

Lihat tangkapan layar di bawah pencarian saya untuk home. Hal pertama yang ditarik adalah aplikasi Google Home. Berikutnya adalah salah satu kontak saya yang memiliki kata home di dalamnya.

Ada dua tautan cepat di sana untuk mengirim teks ke kontak itu atau mengunjungi halaman penuh. Di bawahnya, Anda dapat melihat pintasan "Beranda" di dalam Google Maps.

Menggulir lebih jauh ke bawah, Anda menemukan rutinitas Asisten dengan kata "rumah", pengaturan yang terkait dengan kata "rumah", dan banyak lagi. Di bagian paling bawah, ada tautan untuk mencari di Google.

Ini akan berguna jika saya berharap untuk mencari web dengan bilah pencarian itu, tetapi berada di tempat yang salah. Daripada pergi ke bilah pencarian yang tepat, saya bisa langsung menuju ke Google.

Jika tidak menyukai berapa banyak hasil yang disertakan, Anda selalu dapat mengubahnya. Dalam pengaturan Android terdapat halaman Telusuri ponsel Anda tempat Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan sumber hasil pencarian.

Artikel Asli