Review GoPro HERO9 Black

Teknologi | yangcanggih.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 17:07
Review GoPro HERO9 Black
9
Cek Harga
eraspace.com

Setiap tahun generasi terbaru HERO Black dari GoPro selalu dinantikan. Nah, memasuki generasinya yang ke-9, ada cukup banyak pembaruan fitur yang dibawa GoPro HERO9 Black. Penasaran bagaimana kebolehan kamera aksi ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain GoPro HERO9 Black

GoPro HERO9 Black masih terlihat mirip dengan generasi sebelumnya, HERO8 Black. Bedanya, HERO9 Black kini membawa layar live-view 1.4 inci di bagian depan. Mirip seperti produk kompetitornya DJI Osmo Action.

Kehadiran layar keduanya ini sangat mempermudah untuk vlogging atau pengambilan video mandiri. Imbasnya, bodinya hanya sedikit lebih lebar jika dibandingkan generasi lawasnya.

Sektor lensa juga mendapat pembaruan. Lensanya kini modular. Lensanya tersebut bisa diganti dengan modul Max Lens Mod. Modul lensa ini menawarkan tangkapan gambar 155 derajat yagn lebih lebar.

Seperti produk GoPro lainnya rancangan bodinya juga tahan banting. Bisa diajak menyelam hingga kedalaman 10 meter tanpa perlu casing tambahan.

Di bodinya hanya tersedia dua tombol. Tombol power/mode di samping dan tombol shutter untuk memulai perekaman video atau pengambilan foto ada di atas. Bagian belakangnya adalah panel layar sentuh 2.27 inci.

Secara keseluruhan desainnya tergolong amat baik. Seperti HERO8 bagian bawahnya dilengkapi mounting terintegrasi yang bisa dilipat. Jadi, bisa terpasang langsung ke aksesoris seperti mount atau hand grip tanpa perlu casing tambahan. Sedikit kendala yang kami temukan hanyalah bagian penutup baterai yang agak sulit untuk dibuka.

Fitur GoPro HERO9 Black

GoPro HERO9 Black membawa cukup banyak fitur baru. Pertama adalah fitur penstabil Hypersmooth 3.0. Fitur ini paling penting di kamera aksi. Di generasi ketiganya Hypersmooth 3.0 menawarkan kemampuan stabilisasi yang semakin baik.

Pembaruan kemudian terlihat di antarmuka. Antarmuka HERO9 Black tampil lebih sederhana. Antarmuka utama terdiri dari tiga mode yaitu Timelapse, Video, Photo.

Di setiap antarmuka mode GoPro memungkinkan pengguna untuk menempatkan tombol pintas. Tombol pintas di samping kiri dan kanan layarnya ini bisa dikustomisasi setiap fungsinya. Satu nilai tambah yang menurut kami sangat mempermudah. Jadi, akses opsi pengaturan bisa lebih cepat tidak perlu masuk ke menu pengaturan.

Semua navigasi di layarnya mengandalkan layar sentuh. Respon layarnya dengan sentuhan jari cukup baik. Namun, dari pengujian kami antarmukanya ini kadang terasa agak lambat. Ini menjadikan akses navigasi terasa kurang responsif.

Di HERO9 Black kami juga menemukan beragam preset pengambilan gambar yang komplit. Ini menjadikan HERO9 Black semakin mudah digunakan. Pengguna hanya perlu memilih setiap opsi preset untuk memulai merekam video atau mengambil foto. Semakin mudah digunakan. Sekalipun untuk pengguna baru.

HERO9 Black juga menawarkan pengaturan lensa yang sangat komplit. Tersedia beragam opsi jarak fokal lensa dari narrow 27mm, linear + horizon levelling 19-34mm, Linear 19-39mm, wide 16-34mm, super wide 16mm. Jadi, lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kondisi pengambilan gambar.

Untuk fitur lain di modus video HERO9 Black tetap mendukung fitur Hyperlapse, live streaming atau siaran langsung di resolusi Full HD dan bisa merekam video gerakan lambat 240 fps di resolusi Full HD. Di modus foto tersedia dukungan kemampuan memotret RAW, HDR dan SuperPhoto untuk hasil pengambilan foto yang paling optimal secara otomatis.

Performa GoPro HERO9 Black

GoPro HERO9 Black adalah varian GoPro HERO pertama yang membawa sensor 20 megapixel dan masih disokong chip GP1 seperti generasi sebelumnya. Kamera aksi ini juga menjadi varian GoPro HERO Black pertama yang mampu merekam video hingga resolusi 5K 30p.

Dari pengujian kami modus foto/video GoPro HERO9 Black memang amat baik di kondisi pencahayaan yang cukup. Pengujian kami lakukan untuk merekam video di resolusi 4K. Hasilnya, gambar yang direkam terlihat sangat tajam dan detil. Di pengaturan standar karakter warnanya terlihat matang dan kontras. Kendali eksposur dan white balance otomatis tergolong amat baik. Kinerja fitur penstabil Hypersmooth 3.0 juga sangat oke. Hasil video bisa sangat stabil sekalipun sedang berjalan.

Untuk hasil video sebagai berikut. Penyuntingan video menggunakan aplikasi Quik dari GoPro dan tanpa menggunakan filter warna.

H_O_L_I_D_A_Y

Hasil foto
GOPR0078

GOPR0113

GOPR0117

Seperti kamera aksi lainnya memang kelemahannya masih ada di kondisi temaram. Tapi, kendali noise di ISO tinggi sudah lebih baik jika dibandingkan generasi sebelum-sebelumnya. Cukup wajar dan bisa dimaklumi mengingat ukuran sensornya yang kecil. Jadi, memang kurang ideal untuk pengambilan gambar di kondisi minim cahaya. Kekurangan lain yang kami temukan adalah bodinya cepat hangat saat merekam video.

Kesimpulan

Kemampuan rekam video 5K dan fitur penstabilnya yang canggih memang menjadi daya tarik utama GoPro HERO9 Black. Di atas rata-rata kamera aksi manapun. Kehadiran layar keduanya di depan kini juga menjadikannya lebih ideal untuk vlogging atau pengambilan gambar mandiri. Kamera ini semakin menarik dengan dukungan aksesoris lensa Max Lens Mod dan kapasitas baterainya yang lebih besar. Dengan sederetan fitur barunya tersebut GoPro HERO 9 Black bisa dibilang kamera aksi GoPro HERO tercanggih saat ini. Setidaknya sebelum kemunculan GoPro HERO 10 yang dikabarkan akan segera hadir.

GoPro HERO9 Black Cocok untuk:

1. Para petualang dan penggemar olahraga ekstrim: Desain tangguhnya yang tahan banting menjadikan kamera ini bisa diandalkan untuk para petualang dan pengiat olahraga di segala medan.
2. Vlogger: Layar keduanya di bagian depan dan mikrfon internalnya akan sangat membantu untuk membuat konten vlog.
3. Konten kreator: Dengan kemampuan rekam video 5K dan fitur penstabil yang mumpuni menjadikannya sangat bisa diandalkan untuk membuat konten video atau foto.
4. Traveller: Dimensinya yang sangat ringkas dan hemat tempat mudah dibawa ke mana saja. Tidak perlu lagi membawa kamera mirrorless atau kamera saku yang berukura lebih besar.

Kelebihan GoPro HERO9 Black:
+ Desain ringkas dan tangguh
+ Dilengkapi layar kedua di bagian depan
+ Baterai lebih besar
+ Hasil foto dan video amat baik
+ Bisa rekam video 5K
+ Fitur penstabil sangat baik
+ Antarmuka lebih sederhana
+ Mudah digunakan
+ Didukunga MAX Lens Mod
+ Dilengkapi mounting yang bisa dilipat

Kekurangan GoPro HERO9 Black:
- Penutup baterai agak sulit dibuka
- Antarmuka kadang lambat dan kurang responsif
- Permukaan bodi relatif cepat terasa hangat

Dengan sederetan fitur barunya GoPro HERO9 Black bisa dibilang kamera aksi GoPro HERO tercanggih saat ini. Setidaknya sebelum kemunculan GoPro HERO 10 yang dikabarkan akan segera hadir.
9
Cek Harga
eraspace.com
Artikel Asli