Catat! Windows 11 Akan Tersedia Mulai 5 Oktober 2021

Teknologi | yangcanggih.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:57
Catat! Windows 11 Akan Tersedia Mulai 5 Oktober 2021

Di bulan Juni lalu Microsoft secara resmi mengumumkan kehadiran Windows 11. Tidak hanya membawa tampilan antarmuka yang lebih segar, Windows 11 juga dilengkapi sederetan fitur baru. Tidak heran jika sistem operasi ini sangat dinantikan kehadirannya. Nah, kabar terbaru Microsoft akhirnya mengumumkan mulai 5 Oktober nanti Windows 11 akan dirilis resmi ke publik.

Tidak semua laptop mendukung Windows 11

Perlu diketahui meski belum diluncurkan secara resmi ke publik, Microsoft sebenarnya telah merilis Windows versi 11 versi preview atau beta. Versi ini bisa dicoba secara terbatas lewat Windows Insider Program. Memang belum sepenuhnya optimal. Tapi, setidaknya pengguna bisa berkesempatan mencicipi sistem operasi teranyar Windows ini.

Dari versi preview Windows 11 Microsoft juga bisa memberikan kepastian kompatibilitas Windows 11. Konsumen kini bisa mengetahui bahwa tidak semua PC yang saat ini telah beredar di pasaran bisa kompatibel dengan Windows 11. Menurut Microsoft, Windows 11 secara resmi hanya akan mendukung perangkat PC dengan prosesor AMD, Intel, atau Qualcomm yang dirilis beberapa tahun belakangan.

Jika Anda menggunakan perangkat PC lawas dan memaksa ingin menggunakan Windows 11 masih diijinkan. Caranya dengan install Windows secara manual. Bukan otomatis lewat fitur pembaruan Windows yang memanfaatkan koneksi internet.

Keterbatasan lain adalah pembaruan sistem. Untuk perangkat yang tidak kompatibel dan menjalankan sistem operasi Windows 11 tidak akan mendapatkan pembaruan sistem Windows 11. Ini termasuk perbaikan bug, tambahan fitur, dan perbaikan celah keamanan.

Fitur dukungan aplikasi Android belum siap

Nah, sayangnya Windows 11 yang akan rilis nanti belum membawa fiturnya semua. Microsoft memberi catatan satu fitur yang akan absen adalah dukungan kemampuan menjalankan aplikasi Android.

Patut diakui, jika Windows 11 bisa menjalakan aplikasi Android memang akan semakin memudahkan dan memberikan nilai tambah. Pengguna bisa melirik aplikasi Android sebagai alternatif aplikasi berbasis Windows. Kabarnya Microsoft masih menyiapakan fitur ini untuk diuji di Windows Insider preview build. Bisa dimaklumi karena membuat aplikasi Android yang umumnya untuk perangkat mobile berjalan sempurna di PC berbasis Windows pastilah tidak mudah.

Windows 10 masih bertahan hingga 2025

Kabar menarik lainnya adalah soal dukungan Windows 11. Microsoft rencanyanya akan tetap memberikan dukungan pembaruan pada sistem operasi Windows 10 setidaknya hingga tahun 2025 nanti. Jadi, pengguna tidak perlu terlalu terburu-buru untuk beralih dari Windows 10 ke Windows 11.

Artikel Asli