Mengubah Word ke PDF dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Rapi

Teknologi | katadata.co.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 12:21
Mengubah Word ke PDF dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Rapi

Dokumen atau file dalam bentuk PDF seringkali dipilih ketika hendak berkirim informasimelalui jejaring internet. Formattersebutmemiliki kelebihan. Beberapa di antaranya karena lebih mudah dibuka, tidak mudah rusak, lebih rapi, dan ukurannya juga bisa diatur.

Keunggulan format PDFmembuat banyak orang berusaha mencari cara untuk mengubah dokumen MicrosoftWord ke PDF. Untuk melakukannyasangat mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi atau layanan daring atau online yang kini sudah banyak tersedia.

Cara Mengubah Word Ke PDF Menggunakan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang kini dapatAnda gunakan untuk mengubah format dokumen Microsoft Word ke PDF dengan mudah dan cepat. Berikut daftar aplikasi dan cara menggunakannya:

1. Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Wordsudah tidak asing ini. Perangkat lunakini awamdigunakan untuk membuat tulisan. Di dalamnya terdapat opsi pengubahan bentukformat dokumen dari Word ke PDF.

Syarat utama untuk dapatmenggunakan fitur ini adalahaplikasi MicrosofrWord yang Anda gunakan merupakan versi 2007 ke atas. Jika masih versi 2007, maka fitur ini tidak bisa Anda temukan.

Cara menggunakan Micorosft Word untuk mengubah format dokumen seperti berikut ini:

2. Foxit Reader PDF

Selain Microsoft Word, ada juga aplikasi Foxit Reader PDF. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Microsoft Word sehingga Anda dengan mudah menggunakannya. Adapun cara menggunakan aplikasi ini sebagaiberikut:

3. PDF24 Creator

Aplikasi gratis selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengubah Microsoft Word ke PDF yaitu PDF24 Creator. Untuk melakukannya, berikut, caranya:

Cara Mengubah Word Ke PDF Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan beberapa aplikasi di atas, untuk mengubah dokumen dalam format PDF, bisa juga dilakukan secara online menggunakan beberapa situs berikut ini:

1. Google Drive

Biasanya Google Drive digunakan untuk menyimpan dokumendi internet agar tidak mudah hilang. Layanan Google ini juga dapatdigunakan untuk mengganti formatWord ke PDF dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

2. Ilovepdf.com

Mengedit Word menjadi PDF juga dapatdengan menggunakan situs online terpercaya. Salah satu yang sering dikunjungi yaitu ilovePDF.com. Untuk menggunakan situs ini, caranya sebagai berikut:

3. Smallpdf.com

Situs online lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengubah Word menjadi PDF yaitu smallPDF.com. Situs ini tidak hanya menghadirkan menu untuk mengubah format dokumen saja, Anda juga bisa menggunakannya untukmengecilkan ukuran PDF dan beberapa menuedit PDF lainnya. Cara menggunakan situs ini sebagai berikut:

4. Pdf2doc.com

Situs online lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengubah format dokumen yaitu pdf2doc.com. Berbeda dengan situs sebelumnya, pdf2doc.com sudah spesifik untuk mengubah format dokumen dari Word ke PDF. Langkah-langkah untuk menggunakan situs ini sebagai berikut:

5. Pdfcandy.com

Situs selanjutnya adalahpdfcandy.com. Adapun langkah-langkah untuk menggunakan situs online ini sebagai berikut:

6. Sodapdf.com

Situslain yang bisa Anda pilih untuk mengubah Word menjadiPDF yaitu sodafile.com. Beberapa langkah yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

Artikel Asli