Tips Aman Menggunakan Wifi Publik, Periksa dan Cermati Nama Hotspot

inewsid | Teknologi | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:29
Tips Aman Menggunakan Wifi Publik, Periksa dan Cermati Nama Hotspot

JAKARTA, iNews.id - Menggunakan Wifi publik memang praktis. Sayangnya, jaringan dari Wifi publik tidak selalu aman bagi penggunanya karena kerap digunakan untuk aksi kejahatan.

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky mengungkap ada risiko keamanan dari penggunaan WiFi publik, termasuk memungkinkan pengguna WiFi publik bertemu dengan para penjahat siber.

Untuk itu, Kaspersky dalam keterangan tertulisnya, memberikan sejumlah tips dan rekomendasi Kaspersky untuk menjaga keamanan selama menggunakan WiFi Publik.

1. Berhati-hati saat menggunakan WiFi publik
Pengguna harus hati-hati dengan WiFi publik, terutama untuk dipakai bertransaksi. Tidak peduli sebera pun mendesaknya, jangan pernah menggunakan WiFi publik untuk bertransaksi atau membuka informasi penting. Data apa pun yang dikirim atau diterima melalui WiFi publik berpotensi dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke jaringan yang sama.

Gunakan WiFi publik untuk membaca berita, tetapi hindari untuk masuk ke layanan apa pun agar akun terhindar dari potensi disusupi oleh pelaku kejahatan siber. Bahkan jika suatu jaringan memiliki kata sandi, hal itu juga tidak menjamin keamanan.

2. Periksa dan cermati nama hotspot
Beberapa pelaku kejahatan kerap berada selangkah di depan. Jangan sampai, alih-alih terhubung ke jaringan WiFi publik, pengguna justru terhubung ke jaringan buatan para penjahat siber yang memakai nama serupa.

Untuk itu, pengguna perlu memeriksa dan mencermati nama WiFi dan benar-benar pastikan nama WiFi tidak dipalsukan. Oleh karenanya, sebelum terhubung, luangkan waktu memeriksa koneksi yang tersedia. Periksa urutan kata yang benar, penggantian huruf dengan angka yang bentuknya mirip, garis bawah ekstra, dan lain-lain.

3. Nonaktifkan koneksi otomatis ke Wi-Fi
Matikan koneksi otomatis ke WiFi, sebab kadang ada pernagkat yang menawarkan fitur untuk terhubung otomatis ke jaringan terbuka atau publik. Sayangnya, menghubungkan perangkat secara otomatis bisa membuka kesempatan bagi pelaku kejahatan siber untuk menyebarkan malware atau melakukan pencurian kata sandi.

Untuk menghindari insiden seperti itu, pastikan selalu mematikan WiFi saat Anda tidak menggunakannya. Lalu, nonaktifkan koneksi otomatis ke jaringan, ini bica dicari opsi di pengaturan WiFi perangkat.

4. Hindari WiFi yang tidak terpercaya
Usahakan untuk menggunakan jaringan rumah atau perusahaan yang aman ketika butuh memasukkan akun bank, paspor, atau detail sensitif lainnya. Jika situasi mendesak, gunakan data seluler alih-alih WiFi, termasuk ketika ada di luar negeri.

5. Pasang solusi keamanan
Cara paling pasti untuk menjaga perangkat pengguna tetap aman saat memakai WiFi publik adalah dengan perlindungan VPN. Aplikasi jaringan pribadi virtual melindungi privasi pengguna dengan mengenkripsi data sebelum mengirimkannya ke router, menjaganya tetap tersembunyi.

Dengan memasang teknologi ini, WiFi publik bisa lebih aman saat digunakan. Selanjutnya, pilih VPN yang tidak menyimpan dan menjual data pengguna.

Artikel Asli