5 Cara efektif sekolah online saat pandemi, bikin fokus belajar

brilio.net | Teknologi | Published at 16/08/2021 17:10
5 Cara efektif sekolah online saat pandemi, bikin fokus belajar

Brilio.net - Kondisi pandemi memaksa pelajar melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara virtual. PJJ atau sekolah online juga mengharuskan siswa beradaptasi dengan cara baru mengenyam pelajaran.

Sayangnya, tidak sedikit pelajar yang kesulitan beradaptasi dengan cara baru ini. Konsentrasi terganggu, tidak dapat mengikuti kelas dengan baik, hingga kesulitan memahami topik pelajaran jadi beberapa hambatan yang sering dialami.

Hambatan-hambatan ini bisa memengaruhi nilai akademis dan prestasi di sekolah. Terlebih, hingga saat ini masih belum bisa dipastikan kapan sekolah online akan berakhir.

Biar sekolah online jadi lebih efektif, berikut ada beberapa cara agar efektif mengikuti sekolah online. Apa saja itu? Yuk simak langsung informasinya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (16/8).

1. Pilih tempat paling nyaman.

foto: shutterstock.com

Berbeda dengan rumah, suasana ruang kelas dirancang agar pelajar bisa fokus belajar. Meski, tidak bisa menemukan ruangan dengan suasana seperti di dalam kelas, pilih tempat paling nyaman dan tenang di rumah.

Jika memilih kamar sebagai ruangan sekolah online, usahakan tidak belajar di atas kasur agar tetap bisa berkonsentrasi penuh. Siapkan meja dan kursi seperti sedang berada di dalam kelas untuk mendukung kegiatan belajar. Selain itu, pastikan alat tulis dan buku yang dibutuhkan mudah dijangkau.

2. Manfaatkan fitur AI pelindung mata.

foto: shutterstock.com

Berada di depan gadget terlalu lama dapat membuat mata lelah yang akhirnya akan mengganggu fokus belajar. Untuk menghindarinya, bisa memanfaatkan fitur Artificial Intelligence (AI) pelindung mata yang ada di Oppo A16.

Hadir dengan Layar HD+ 6,52 inci, fitur-fitur canggih di Oppo A16 akan menyesuaikan pengaturan untuk memberi kenyamanan mata di segala kondisi. Seperti Sunlight Screen yang dapat meningkatkan kecerahan layar hingga 14,5% secara otomatis di bawah sinar matahari. Sebaliknya, fitur Moonlight Screen akan otomatis membuat layar redup secara cerdas.

foto: Oppo Indonesia

Selain itu, ada juga AI Smart Backlight yang secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari. Dengan mempelajari kebiasaan pengguna, fitur ini akan mengubah kecerahan layar mengikuti berbagai kondisi pencahayaan berbeda.

3. Aktifkan fitur App Lock dan Private Safe.

foto: shutterstock.com

Terkadang gangguan datang dari gadget itu sendiri. Godaan membuka media sosial atau main game, sering merusak konsentrasi belajar.

Tapi, beda ceritanya jika sudah mengaktifkan fitur App Lock di Oppo A16. Fitur cerdas dari ColorOS 11.1 ini dapat mengunci aplikasi dengan password verifikasi sidik jari/wajah. Dengan begitu, orang tua bisa mencegah anak membuka aplikasi yang tidak berkaitan dengan kegiatan belajar.

foto: Oppo Indonesia

Selain itu, fitur Private Safe juga akan menghindari hilangnya berkas penting dalam smartphone. Hadir dengan fungsi sinkronisasi cloud dengan layanan HeyTap Cloud, fitur ini dapat menyimpan gambar, video, audio, dokumen, dan file pribadi lain untuk mencegah orang lain mengaksesnya.

4. Maksimalkan fitur-fitur kamera untuk tugas.

foto: shutterstock.com

Tugas sekolah online sering kali melibatkan pembuatan video. Maksimalkan hasil tugas sekolah dengan memanfaatkan berbagai fitur kamera di Oppo A16.

Oppo A16 hadir dengan kamera depan 8MP serta tiga kamera utama yang terdiri dari 13MP Main Camera, 2MP Depth (Bokeh) Camera, dan 2MP Macro Camera. Seperti 2MP Depth Camera yang membuat potret lebih menonjol dengan latar belakang buram. Selain itu, 2MP Macro Camera juga memungkinkan menangkap objek dekat dengan kontras tinggi dan warna yang hidup.

foto: Oppo Indonesia

Canggihnya, kamera Oppo A16 dilengkapi fitur Ulta Night Mode dan Panorama. Ada juga fitur Dazzle Color yang akan meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar, sehingga menghadirkan efek lebih hidup tanpa filter tambahan. Tak ketinggalan, AI Beautification akan membuat hasil foto dan video makin menarik.

Oppo A16 juga dibekali baterai 5.000 mAh yang dilengkapi pengisian daya 10 Watt. Hal ini akan memperpanjang masa pakai karena Oppo A16 menghabiskan lebih sedikit waktu dan siklus pengisian daya ponsel.

foto: Oppo Indonesia

Semua kecanggihan Oppo A16 bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp 1.999.000. Hadir dengan dua warna trendi, Crystal Black dan Space Silver, Oppo A16 sudah bisa didapatkan di berbagai marketplace dan di toko jaringan Oppo terdekat.

Klik di sini untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang Oppo A16.

5. Gunakan aplikasi penunjang belajar online.

foto: shutterstock.com

Selain pelajaran dari sekolah, manfaatkan juga aplikasi yang bisa menunjang kegiatan belajar online. Sudah ada banyak aplikasi yang bisa membantu memudahkan proses sekolah online. Cukup cari dan unduh di Google Playstore atau App Store.

Artikel Asli