Cara Memperbaiki Aplikasi Zoom yang Error

Teknologi | okeguys.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:16
Cara Memperbaiki Aplikasi Zoom yang Error

OKEGUYS Cara memperbaiki aplikasi Zoom kamu yang mengalami error karena software ataupun hardware, kamu bisa mengikuti tips yang akan Tim OKEGUYS berikan nih.

Zoom adalah salah satu aplikasi konferensi video paling populer yang ada, dan cukup mudah digunakan. Tetapi terkadang memiliki bagian masalah dan kerentanan yang sering membuat pengguna frustrasi.

Dont worry Guys, memperbaiki sebagian besar masalah yang ada di Zoom ini hanya memerlukan beberapa menit aja kok

Cara Memperbaiki Aplikasi Zoom yang Error

Tim OKEGUYS sudah mengumpulkan masalah Zoom paling umum yang saat ini menyebabkan masalah bagi pengguna dan memberikan petunjuk terperinci tentang cara menyelesaikannya. Gak ada perbaikan yang memerlukan pengetahuan teknis kok Guys.

Kamu gak perlu menjadi ahli komputer untuk melakukan ini hehe. Berikut list beberapa masalah Zoom paling umum dan cara memperbaikinya:

Mengatasi Masalah Lag atau Performa yang Bermasalah

memperbaiki zoom lag
photo: OKEGUYS/Vanvand

Apakah Zoom tiba-tiba melambat pada device kamu? Lagging atau bahkan freeze yang gak terduga mengganggu, dan kabar buruknya adalah gak selalu ada perbaikan yang mudah. Salah satu masalah utama bisa jadi adalah koneksi internet kamu.

Kamu bisa menjalankan tes kecepatan menggunakan sesuatu seperti SpeedTest.net. Jika koneksi internet kamu bermasalah, maka satu-satunya solusi kamu adalah pindah ke jaringan lain. Cara lain untuk menurunkan kebutuhan internet Zoom adalah dengan menurunkan resolusi video di Pengaturan.

  1. Buka Pengaturan
  2. Pengaturan Video
  3. Video dan hapus centang HD.

Kehilangan Fitur

Kalau ada salah satu fitur di aplikasi Zoom kamu yang hilang saat meeting sedang berlangsung. Gak perlu panik Guys, sebaiknya sih jangan meninggalkan room tersebut. Karena fitur tersebut biasanya akan kembali saat meeting tersebut selesai.

Tim OKEGUYS sendiri sering mengalami hal tersebut, mungkin ini Bug dari sistem perangkat di aplikasi Zoom tersebut Guys.

Masalah Kamera atau Audio

memperbaiki audio video zoom
photo: OKEGUYS/Vanvand

Apakah kamu bergabung dalam rapat dan gak bisa mendengar siapa pun? Kalau begitu, kamu mungkin bisa mencoba menutup jendela yang muncul sebelum kamu masuk ke rapat. Ini adalah salah satu masalah Zoom yang paling umum.

Tapi pastikan juga untuk menekan tombol audio Gabung dengan Komputer berwarna biru. Tetapi untuk memastikan kalau kamu lupa lagi, kamu bisa memilih opsi Gabung dengan audio di sudut kiri bawah layar selama rapat dan kemudian klik tombol Gabung dengan Audio.

Hal yang sama berlaku untuk kamera. Ini mungkin kamu matikan secara default. Coba klik ikon kamera di taskbar untuk menyalakannya. Kalau pesan error muncul yang mengatakan bahwa video gak bisa dimulai saat kamu mengklik tombol, masalahnya adalah pengaturan PC kamu nih Guys.

Untuk memperbaiki masalah Zoom ini pada Windows 10, buka pengaturan Kamera dan pastikan sakelar di bawah bagian Izinkan aplikasi untuk mengakses kamera kamu aktif. Hal yang sama juga untuk speaker atau mikrofon sudah kamu aktifkan ya.

Artikel Asli