Apa Itu Goal Line Technology Dalam Dunia Sepak Bola?

Teknologi | okeguys.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:16
Apa Itu Goal Line Technology Dalam Dunia Sepak Bola?

OKEGUYS Goal Line Technology (GLT) atau teknologi garis gawang adalah sebuah teknologi di dunia sepak bola, yang akan membantu wasit dalam menentukan bola sudah melewati garis gawang atau belum.

Ada dua sistem kerja dari teknologi ini, yaitu GoalRef dan juga Hawk Eye. GoalRef diciptakan oleh Fraunhofer Institute, Jerman yang akan memancarkan gelombang radio berfrekuensi rendah melalui medan magnet yang ada di sekeliling gawang.

Untuk menginstall teknologi ini, pihak GoalRef hanya menggunakan kabel tipis yang terpasang di daerah kotak pinalti dan tepat di belakang garis gawang.

GoalRef juga mensematkan sebuah chip ke dalam sebuah bola, untuk menandakan jika bola sudah menyentuh gelombang radio tersebut.

Jika bola sudah menyentuh gelombang radio yang ada di sekeliling gawang, maka sensor yang ada di bola tersebut akan langsung mengirim sinyal ke receiver dan akan langsung terlihat oleh wasit.

Apa Itu Goal Line Technology?
Photo: Wikimedia Commons

Sementara itu, Hawk Eye adalah sebuah rekaman gambar berbentuk foto atau video yang diambil sepanjang pertandingan sepak bola.

Total, ada 14 kamera canggih yang posisinya ada di tribun penonton. 7 kamera lainnya masing-masing mengarah langsung ke gawang.

Apa Itu Goal Line Technology?
Photo: The Sports & Digital Blog

Semenjak perilisan teknologi ini ke dunia sepak bola, banyak klub dan tim nasional yang merasakan banyak manfaatnya. Hal ini karena Goal Line Technology sangat akurat, dalam menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.

Sampai saat ini, teknologi GTL masih digunakan dan bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan mendapatkan pembaharuan yang lebih canggih dari pihak FIFA.

Artikel Asli