5 Tahun Perjalanan Shevchenko Bersama Ukraina Resmi Berakhir

rmol.id | Teknologi | Published at 02/08/2021 05:25
5 Tahun Perjalanan Shevchenko Bersama Ukraina Resmi Berakhir

RMOL.Ada awal pasti ada akhir. Begitu pula dengan karier Andriy Shevchenko di Timnas Ukraina. Legenda AC Milan ini resmi tinggalkan kursi pelatih saat kontraknya tak lagi diperpanjang.

Shevchenko menangani Ukraina sejak Februari 2016. Awalnya, mantan striker AC Milan dan Chelsea itu menjabat asisten pelatih. Namun, lima bulan kemudian ia didapuk sebagai pelatih kepala.

Adalah Euro 2020 yang jadi panggung terakhir Shevchenko bersama Timnas Ukraina. Sejarah apik pun berhasil diukir pria berusia 44 tahun itu.

Ukraina sukses dibawanya menembus perempatfinal Piala Eropa untuk pertama kalinya. Saat itu, langkah Oleksandr Zinchenko dkk dihentikan Inggris dengan skor 0-4.

Nah, Minggu (1/8), Sheva, sapaan akrabnya, mengumumkan kontraknya sebagai pelatih timnas Ukraina telah berakhir.

"Hari ini, kontrak saya bersama Asosiasi Sepakbola Ukraina (UAF) berakhir. Saya menghabiskan lima tahun bersama tim nasional," tulis Shevchenko di akun media sosialnya.

"Dengan kerja keras kami membuktikan kalau kami mampu memainkan sepak bola modern. Saya berterima kasih kepada presiden dan komite eksekutif UAF atas kesempatan untuk bekerja dengan tim nasional," sambungnya.

Sheva pun berterima kasih kepada seluruh pemain juga setiap orang yang membantu dan terlibat di tim. Ucapan terima kasihnya juga ditujukan kepada semua fans Ukraina.

"Bersama-sama kita menunjukkan bahwa sepak bola kita bisa kompetitif, produktif, dan menarik. Dengan keyakinan kepada Ukraina," tandas Shevchenko.

Selama menangani Ukraina, Shevchenko memimpin dalam 52 pertandingan dengan persentase kemenangan 48,1%. Rinciannya, meraih 25 kemenangan, 13 hasil imbang, dan 14 kali kalah. []

Artikel Asli