4 Cara Edit PDF di Laptop dan HP

katadata.co.id | Teknologi | Published at 22/07/2021 10:49
4 Cara Edit PDF di Laptop dan HP

Portable Document Format atau PDF saat ini semakin familiar digunakan. Format dokumen digital ini lebih banyak dipilih karena lebih rapi dan tidak akan berubah ketika dibuka menggunakan perangkat lainnya. Ada kekurangan dari format ini, jika sudah selesai dibuat sulit untuk di edit. Namun tenang saja, karena ternyata ada beberapa cara edit PDF dengan mudah dan cepat. Berikut ini penjelasan mengenai hal tersebut.

Cara Edit File PDF di Microsoft Word

Cara edit PDF yang pertama, yakni dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Aplikasi yang biasa kita gunakan mengetik dan membuat dokumen ini ternyata bisa juga digunakan untuk mengedit file PDF. Berikut ini cara edit file PDF dengan menggunakan Microsoft Word:

  1. Buka aplikasi MS. Word pada laptop atau komputer.
  2. Buka menu File dan pilih "Open". Anda juga bisa tekan tombol CTRL dan O secara bersamaan pada keyboard , sehingga bisa lebih cepat untuk membuka file PDF yang akan di edit.
  3. Cari file PDF yang akan di edit pada perangkat tersebut. Jika file tidak ditemukan, Anda bisa terlebih dahulu mengubah format pencarian file dari "Word Documents" ke "All Files".
  4. Setelah menemukan file yang akan di edit, Anda bisa langsung membuka file tersebut.
  5. Di MS. Word Anda bisa mengedit file tersebut, namun masih memiliki keterbatasan. Setelah proses editing selesai, anda bisa klik "Save" atau "Save As". Anda juga bisa tekan toblol CTRL dan S secara bersamaan pada keyboard untuk menyimpan dengan cara yang lebih cepat.

Cara Edit Tulisan di PDF Menggunakan Adobe Reader

Selain Microsoft Word, aplikasi Adobe Reader juga tidak asing bagi kita semua. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuka file PDF. Memilki tampilan sederhana membuat penggunaan aplikasi ini untuk meninjau atau membaca dokumen dengan format PDF menjadi lebih nyaman. Selain bisa digunakan untuk membaca file PDF,Adobe Reader ternyata juga bisa digunakan untuk mengedit file PDF. Berikut ini cara edit tulisan di PDF dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader dengan mudah dan cepat:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi ini di laptop atau komputer yang anda gunakan.
  2. Buka aplikasi Adobe Reader.
  3. Buka file PDF yang hendak diedit dengan cara klik menu "My Computer" kemudian cari file PDF yang akan Anda edit.
  4. Setelah file dibuka, Anda bisa langsung klik "Edit PDF" yang biasanya ada di kanan atas.
  5. Selanjutnya Anda bisa langsung mengedit bagian file yang hendak diubah. Misalnya Anda ingin menghapus tulisan yang ada di PDF tersebut atau menambahkan tulisan, juga bisa dilakukan disini.
  6. Ketika proses editing selesai, Anda bisa langsung menyimpannya dengan klik "Save As", beri nama file kemudian simpan di folder yang anda inginkan. Atau anda juga bisa klik CTRL dan S secara bersamaan pada keyboard untuk menyimpan file dengan nama dan di tempat yang sama.

Cara Edit PDF di Google Drive

Cara lain yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengedit file PDF adalah dengan menggunakan Google Drive. Cara ini membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan perangkat yang anda gunakan sudah terhubung dengan internet. Berikut cara edit PDF di Google Drive:

  1. Buka terlebih dahulu lama Google Drive atau jika anda membukanya di HP, anda bisa gunakan aplikasi Google Drive.
  2. Login dengan menggunakan Gmail yang anda miliki.
  3. Pilih tombol "New" yang ada di sebelah kiri atas.
  4. Klik "File Upload", untuk mengunggah file PDF yang hendak anda edit.
  5. Cari file di perangkat yang anda gunakan kemudian unggah dan tunggu sampai proses pengunggahan atau uploading selesai.
  6. Setelah file PDF terunggah, anda bisa buka file kemudian klik "Open with Google Docs" yang biasanya ada bagian atas file PDF yang sedang dibuka.
  7. Di sini Anda bisa melakukan editing seperti menghapus atau menambahkan tulisan, mengatur batas margin, atau editing lainnya seperti menggunakan Microsoft Word.
  8. Klik "Save" jika sudah selesai mengedit dan unduh file dengan cara buka menu File kemudian pilih "Download".

Cara Edit PDF di HP

Mengedit file PDF juga ternyata bisa menggunakan ponsel pintar (HP). Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit file di HP, salah satu aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat adalah WPS. Berikut ini cara edit file PDF di HP dengan menggunakan WPS:

  1. Pastikan anda sudah memiliki aplikasi WPS Office di HP anda, jika belum anda bisa install terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi WPS kemudian buka file PDF yang hendak di edit. Jika anda ingin membuat file PDF baru, Anda bisa klik ikon "+" yang ada di kanan bawah.
  3. Setelah file PDF terbuka, anda bisa langsung melakukan editing dengan cara klik "Alat".
  4. Apabila proses editing sudah selesai, Anda bisa langsung menyimpan file tersebut di penyimpanan HP Anda.
Artikel Asli