Resmi Tinggalkan Status Beta, Clubhouse Kini Dapat Langsung Digunakan Tanpa Undangan

dailysocial.id | Teknologi | Published at 22/07/2021 10:24
Resmi Tinggalkan Status Beta, Clubhouse Kini Dapat Langsung Digunakan Tanpa Undangan

Clubhouse resmi meninggalkan fase beta. Setelah sekitar satu tahun lebih, Clubhouse akhirnya tidak lagi menggunakan sistem invite-only . Artinya, mulai hari ini Anda bisa mengunduh aplikasi Clubhouse di iOS atau Android, lalu langsung menggunakannya tanpa harus menunggu antrean maupun undangan dari teman yang sudah lebih dulu memakainya.

Dalam pengumumannya, Clubhouse menjelaskan bahwa sistem invite ini merupakan bagian penting dari sejarah mereka. Kesannya memang seperti sok eksklusif, tapi mekanisme ini sejatinya Clubhouse manfaatkan untuk meminimalkan problem yang kerap muncul ketika jutaan pengguna baru tiba-tiba muncul secara bersamaan karena efek viral.

Membuka diri ke publik secara luas pada dasarnya merupakan langkah alami yang harus Clubhouse ambil, terutama mengingat jumlah pesaingnya yang terus bertambah. Banyak yang menilai Clubhouse agak terlambat soal ini, tapi saya berpikir Clubhouse sepertinya sengaja memilih rute yang bertahap supaya terus diberitakan dari waktu ke waktu viral di bulan-bulan pertama 2021, lalu kembali jadi sorotan di bulan Mei seiring dengan peluncurannya di Android, dan sekarang lagi-lagi jadi bahan pembicaraan publik karena akhirnya sudah terbuka untuk semua.

Clubhouse juga memberi gambaran seberapa jauh mereka bertumbuh sejak awal tahun. Jumlah timnya bertambah dari 8 orang menjadi 58 orang. Jumlah room yang dibuat pengguna setiap harinya naik dari 50 ribu menjadi 500 ribu. Sejak versi Android-nya dirilis, Clubhouse juga sudah menampung sekitar 10 juta pengguna baru.

Pekan lalu, Clubhouse juga baru meluncurkan fitur messaging bernama Backchannel, dan sejauh ini sudah ada sekitar 90 juta pesan yang terkirim. Kalau dirata-rata, pengguna menghabiskan waktu bercengkerama di Clubhouse selama lebih dari satu jam setiap harinya. Guna merayakan itu semua, Clubhouse pun menyingkap logo baru beserta situs baru.

Ke depannya, Clubhouse berniat untuk menghadirkan update besar setiap satu atau dua minggu. Mereka sepertinya juga tengah giat menyajikan konten eksklusif dengan berkolaborasi bersama sejumlah pihak. Baru-baru ini misalnya, mereka menggandeng TED untuk menyiarkan konten-konten eksklusif di Clubhouse.

Sumber: Clubhouse.

Artikel Asli