Review Kamera OPPO A74

yangcanggih.com | Teknologi | Published at 22/07/2021 09:44
Review Kamera OPPO A74
Reader Rating 0 Votes
0
6.8
Cek Harga
OPPO Store

Ada beberapa persepsi yang harus diluruskan mengenai kamera smartphone. Pertama, besaran megapixel tidak menentukan kualitas hasil foto. Kedua, jumlah kamera juga tidak menentukan kualitas hasil foto. Ketiga, software juga berperan penting pada hasil jepretan foto.

Melawan tren membenamkan 4 kamera di belakang smartphone, OPPO A74 hadir dengan tiga kamera. Selain kamera belakang utama 48 megapixel, ponsel ini juga didukung kamera makro dan kamera kedalaman untuk mode portrait. Untuk kamera depan, OPPO menyediakan kamera 16 megapixel.

Kami menguji kamera OPPO A74 dalam beragam suasana dan hasilnya cukup memuaskan untuk sebagian kondisi.

User Interface

Tatanan user interface kamera OPPO A74 identik dengan UI kamera OPPO sebelumnya. Mode Night di ujung kiri dan opsi perekaman lain di ujung kanan menu. Mengaktifkan timer dan aspect ratio foto bisa dilakukan dengan cepat dengan menggeser menu di bagian atas layar. Masuk ke menu setting, dan Anda bisa mengganti watermark dengan teks sendiri serta mengaktifkan beberapa opsi seperti grid line dan sebagainya.

Respons saat memotret atau mengakses menu juga gegas. Tidak ada lag yang mengganggu saat merekam foto dan video secara berurutan.

Hasil Foto di Kondisi Cahaya Ideal

Kamera utama OPPO A74 mampu menghasilkan foto yang baik di kondisi cahaya ideal, seperti siang hari di luar ruangan. Hanya saja, ada pergeseran beberapa warna seperti warna biru yang menjadi agak kehijauan dan warna hijau yang terlihat lebih terang. Exposure pada kondisi cahaya dengan kontras tinggi juga cenderung berlebihan sehingga mengakibatkan hasil foto terlihat terlalu terang. Ini cukup terlihat pada area bayangan atau warna hitam pada suatu foto.

IMG20210501100250

IMG20210505065657

IMG20210507100240

Bagi yang menyukai warna matang, kamera OPPO A74 mampu menangkap warna hijau dan biru yang matang dengan saturasi tinggi, seperti terlihat pada foto berikut.

IMG20210501123310

Saat memotret obyek seperti dedaunan yang memiliki tekstur cukup kompleks, terlihat purple fringing atau efek warna ungu di tepi obyek. Efek ini hanya terlihat jika Anda memperbesar gambar di layar yang cukup besar seperti layar komputer seperti di foto berikut.

IMG20210501064742

Hasil foto selfie di kondisi cahaya yang baik juga tidak perlu diragukan. Bahkan efek Beautify juga mampu menghaluskan wajah dengan alami, selama setting diatur agak rendah. Ketajaman subyek juga cukup baik, dengan catatan Anda harus memastikan tangan tetap stabil saat memotret. Berikut contoh hasil foto selfie OPPO A74.

IMG20210504094744

Kami juga menyukai memotret dari jarak dekat dengannya. Detil di bagian tengah frame terlihat amat baik dengan ketajaman yang cukup, seperti di contoh foto berikut ini.

selfie

IMG20210517095002

IMG20210517095200

Perlu diingat, area fokus akan cukup tipis dan ada di bagian tengah. Ini berarti daerah pinggir frame akan terlihat kabur, seperti foto berikut.

close up

Mode makro kurang dapat diandalkan, mengingat jarak fokusnya yang terlalu dekat sehingga berpotensi menimbulkan bayangan pada obyek yang difoto. Resolusi 2 megapixel juga membatasinya hanya dapat dibagikan ke media sosial. Berikut contoh foto OPPO A74 dalam mode makro.

macro

Beralih ke dalam ruangan, kamera belakang OPPO A74 tetap mampu diandalkan selama cahaya cukup. Noise sudah mulai terlihat, tapi masih cukup bisa ditolerir.

IMG20210501170653

IMG20210501164655

IMG20210501082541

Kualitas menurun di kondisi cahaya temaram

Kualitas foto yang menawan di kondisi cahaya ideal langsung menurun cukup drastis di kondisi cahaya temaram seperti di malam hari atalam ruangan yang remang-remang. Detil yang terkikis sebagai imbas penghilang noise membuat hasil foto terlihat baik hanya di layar ponsel dalam kondisi tidak diperbesar.

Berikut beberapa hasil foto malam hari OPPO A74 menggunakan Night Mode, tanpa penyuntingan.

night mode
night mode

Bagi yang ingin menggunakan kamera OPPO A74 untuk menghasilkan foto malam hari yang lebih baik, kami sarankan menggunakan Expert Mode dan bantuan tripod untuk menyetabilkan kamera. Pada pengaturan ISO rendah seperti foto berikut, hasil foto malam hari terlihat bersih dan lebih tajam. Sekali lagi, hasil terbaik hanya bisa diraih dengan bantuan tripod.

expert mode

Beralih ke video. Hasil video OPPO A74 terbatas hingga resolusi Full HD, cukup untuk sebagian besar pengguna. Sama seperti hasil foto, hasil video A74 juga gemilang di siang hari dan menurun di malam hari.

VID20210501072734

VID20210507093813

Dari sisi kualitas, hasil videonya sudah memadai untuk keperluan pengguna awam yang sering membuat konten di siang hari atau pelajar yang sering mendapatkan tugas membuat video.

Smartphone kelas menengah yang fungsional

Ditilik dari sisi kamera, OPPO A74 lebih mementingkan kualitas dibanding banyaknya kamera belakang. Namun seperti terlihat, kualitas foto dan videonya hanya unggul saat siang hari dan dalam kondisi cahaya ideal. Performa kamera depan yang baik juga membuat OPPO A74 cocok bagi Anda yang ingin melakukan vlogging atau membuat tugas sekolah.

Absennya kamera ultra lebar mungkin akan mengurangi minat sebagian kecil pengguna yang kini sudah terbiasa menemukan kamera tersebut di ponsel kelas 3 jutaan rupiah. Dengan fitur kamera yang cukup terbatas, OPPO A74 lebih mudah dan sederhana digunakan.

Jadi bagi Anda yang mencari kamera ponsel yang baik di kondisi cahaya ideal, tapi jarang memotret di kondisi malam hari atau ingin memotret dengan mode manual dan bantuan tripod, OPPO A74 bisa jadi pilihan.

Kelebihan OPPO A74

+ Hasil foto dan video kamera utama bagus di kondisi cahaya ideal
+ Interface kamera mudah dikuasai dan sederhana
+ Mendukung mode pemotretan manual
+ Night Mode cukup efektif
+ Hasil foto dan video kamera depan yang terbaik di kelasnya

Kekurangan OPPO A74
- Noise tinggi dan detil terkikis saat memotret kondisi gelap di Night Mode
- Tidak ada lensa ultra lebar
- Mode makro hanya pelengkap dengan hasil yang kurang tajam jika diperbesar

Review Kamera OPPO A74
Jadi bagi Anda yang mencari kamera ponsel yang baik di kondisi cahaya ideal, tapi jarang memotret di kondisi malam hari atau ingin memotret dengan mode manual dan bantuan tripod, OPPO A74 bisa jadi pilihan.
Fitur & Performa
7
Hasil Foto
7
Hasil Video
6.5
Reader Rating 0 Votes
0
6.8
Cek Harga
OPPO Store

Artikel Review Kamera OPPO A74 muncul pertama kali di YANGCANGGIH.COM.

Artikel Asli