Bukalapak Akan Tindak Tegas Penjual Obat, Vitamin, dan Alkes Palsu

technologue.id | Teknologi | Published at 20/07/2021 12:00
Bukalapak Akan Tindak Tegas Penjual Obat, Vitamin, dan Alkes Palsu

Technologue.id , Jakarta Melonjaknya kasus COVID-19 dalam beberapa waktu belakangan mendorong masyarakat untuk melindungi diri maupun menangani penularan virus COVID-19 dengan membeli obat-obatan, vitamin dan suplemen, serta beberapa alat-alat penunjang kesehatan seperti termometer, oximeter, dan alat bantu oksigen.

Terkait hal ini, Bukalapak berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan harga produk-produk ini di platform Marketplace-nya, termasuk menindak tegas para penjual yang menjual suplemen dan alat-alat kesehatan (alkes) palsu dengan cara memblokir produk dan atau lapaknya.

Seperti yang selalu kami tegaskan, Bukalapak tidak mentolerir oknum-oknum yang memanfaatkan situasi pandemi untuk meraup keuntungan dan menghalangi akses masyarakat pada produk-produk penunjang kesehatan. Karena itu, kami secara rutin melakukan monitoring terhadap semua produk yang dijual di Bukalapak, termasuk bekerjasama dengan berbagai pihak, di antaranya BPOM, Kementerian Kesehatan, POLRI, serta institusi terkait lainnya, dalam mengidentifikasi dan memblokir setiap produk yang terbukti tidak asli, ujar Baskara Aditama, AVP Marketplace Quality Bukalapak.

Dari sisi pembeli, Bukalapak juga mengajak seluruh pengguna untuk menjadi smart buyer dengan selalu teliti sebelum membeli produk apapun, terutama suplemen dan alat-alat kesehatan serta melaporkan ke pihak Bukalapak jika menemukan indikasi penjual alkes palsu ataupun merasa produk yang telah dibeli tidak asli.

Baskara menyarankan, sebelum membeli produknya, perhatiin 3R dari lapaknya, yaitu Review, Rating, Ranking . Jangan langsung terkecoh dengan harga murah. Kemudian jika sudah menerima barangnya, dokumentasikan dengan video saat unboxing .

Jika pembeli merasa mendapatkan produk palsu, silakan diinformasikan melalui BukaBantuan agar tim kami bisa bantu cek dan lakukan blokir pada produk dan lapaknya jika terbukti melanggar aturan Bukalapak dan hukum seperti ini. Dengan kerjasama antara Bukalapak dan masyarakat seperti ini, pencegahan penjualan alkes palsu di Marketplace bisa semakin optimal, tambah Baskara .

Artikel Asli