Review TWS Ugreen HiTune X5 Wireless Earbuds, Bassnya Paling Dahsyat!

sindonews | Teknologi | Published at 20/07/2021 10:26
Review TWS Ugreen HiTune X5 Wireless Earbuds, Bassnya Paling Dahsyat!

JAKARTA - Ugreen HiTune X5 Wireless Earbuds adalah True Wireless Stereo (TWS) yang dirancang simpel: punya suara jernih, bass yang tebal, mudah dikoneksikan, serta nyaman dipakai. Tanpa ada gimmick-gimmick yang rumit.

Dan rasanya kriteria itu yang memang banyak dibutuhkan oleh para pencari TWS berkualitas.

Sindonews sudah mencoba banyak sekali TWS. Dari yang harganya hanya ratusan ribu, sampai beberapa juta. Dan bisa dibilang HiTune X5 Wireless Earbuds buatan Ugreen ini memiliki sweet spot dari harga dan fiturnya.

7 Produk Unik yang Dijual di Taobao Maker Festival Milik Alibaba

Jika harga sebuah TWS dibawah Rp500 ribu, jangan berharap kualitas. Jika di atas Rp1 juta, sudah boleh berekspektasi lumayan tinggi. Tapi, kecuali memang Anda mengejar merek atau paham betul dengan sound, value yang Anda dapat sebenarnya tidak akan optimal.

Di rentang harga Rp770 Ribu, posisi HiTune X5 Wireless Earbuds ini terbilang aman. Tidak terlalu murah sehingga ekspektasi kita jadi rendah dan tidak berharap kualitas lebih. Tapi, tidak mahal sekali sementara kita tidak bisa merasakan fitur optimal yang diberikan.

Dan bisa dibilang HiTune X5 Wireless Earbuds adalah produk yang sangat straight forward untuk pasar Indonesia. Ini adalah opsi TWS terbaik di harga Rp700 ribuan. Mari kita beberkan alasannya.

Merek Ugreen Sudah Populer

Memang tidak perlu terlalu loyal dengan brand tertentu. Namun, tetap penting mengetahui kiprah sebuah brand di Indonesia. Jika tidak pernah terdengar, mending lupakan. Karena terlalu banyak pilihan yang lebih menjanjikan.

Ugreen sendiri bukan nama baru di Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak 2012 ini cukup populer di Indonesia. Sindonews sudah menggunakan produk mereka seperti travel charger hingga kabel USB-C.

Kualitasnya terbilang cukup solid. Jadi, Sindonews cukup yakin meski produk baru, dalam jangka panjang kualitas Ugreen HiTune X5 Wireless Earbuds juga ini juga tetap terjaga.

Tanpa Aplikasi, tapi Cepat Terkoneksi

Umumnya TWS keluaran pabrikan seperti Xiaomi, Realme, Samsung, bahkan LG, sudah dilengkapi aplikasi pendukung. Di aplikasi itu, biasanya pengguna bisa melakukan penyetelan suara, noise cancelling, dan lainnya.

HiTune X5 Wireless Earbuds tidak punya fitur fancy seperti itu. Tapi, begitu dinyalakan, bisa terhubung dengan cepat ke ponsel Xiaomi Mi 11 Ultra. Ini fitur yang disebut Instant Pairing. Dan TWS tersebut menjalankan fungsinya dengan baik.

Bass Kencang, untuk Game dan EDM

Sindonews bisa melihat dua pengguna utama perangkat ini. Pertama, untuk mereka yang suka ngegame. Dan kedua, untuk mereka yang suka musik dance, rap, hip hop, atau EDM. Mengapa? Karena kualitas bass di perangkat ini sangat solid untuk ukuran harganya.

Bassnya tebal, bulat, dan sangat menghibur. Tidak mungkin Anda mendengarkan lagu SoulChef-Write This Down dengan volume 60 persen tanpa menggoyangkan kepala. Serius, TWS ini segitu menghiburnya.

Untuk ngegame, selain latensinya sangat baik, suaranya juga detil dan lebar. Saat memainkan Asphalt 9, misalnya, kita bisa membedakan dengan baik suara tabrakan, kaca yang pecah, keluarnya turbo, dan decitan ban.

Teknologi Canggih

Kesan-kesan Sindonews saat menggunakan HiTune X5 Wireless Earbuds memang terjawab lewat teknologi yang digunakan.

Mengapa suara bass-nya sangat punchy dan sangat menghibur? Karena sudah di dukung teknologi Superbass Low-frequency Enhancement Technology. Sehingga TWS ini optimal sekali saat mendengarkan musik rock, rap, dan hip-hop.

Faktor kunci lainnya adalah penggunaan driver 10 mm, serta dual-flexible diaphragms yang memang cocok di frekuensi audio menengah dan rendah.

Mengapa ketika memainkan Asphalt 9 tetap nyaman? Karena audio latensinya yang rendah. Hanya 70 milidetik dengan Bluetooth 5.2.

Memang Ugreen tidak ingin setengah-setengah dalam merancang HiTune X5.

Prosesornya sudah ditenagai Qualcomm QCC 3040 SoC, yang bisa membaca codec aptX. aptX merupakan sebuah algoritma audio codec yang berfokus pada kompresi dan efisiensi bit rate, sehingga bisa tetap menghasilkan data audio berkualitas kendati lewat Bluetooth.

Desain Unik

Soal desain TWS ini, Sindonews cukup rewel. Rewel karena tidak semua desain TWS cocok dengan kuping Sindonews. Normalnya, tak sampai satu jam bahkan TWS di harga diatas Rp1 juta pun bisa membuat telinga pegal.

Tapi, Sindonews suka dengan gaya HiTune X5 yang memang dirancang tidak ingin terlihat mungil. Bentuknya terlihat besar dan menonjol. Termasuk juga casingnya yang ukurannya juga tidak kecil.

Juga, tidak bisa dibilang ringan untuk kelas TWS. Tapi, soal kenyamanan, juara. Sama seperti menggunakan earphone kabel. In-earnya ergonomis sekali, mengikuti kontur telinga.

Di pandang dari luar, Sindonews juga suka dengan model desain malam berbintang dengan dominasi warna hitam itu. Tidak terlihat murahan. Masih berkelas.

Qualcomm TrueWireless Mirroring juga membuat teknologi Bluetooth lebih stabil.

Noise Cancellation

HiTune X5 mengklaim sudah memiliki teknologi ENC noise cancellation, lewat empat mikropon MEMS serta algoritma CVC 8.0 (Clear Voice Capture). Klaimnya mampu menyaring 91 persen suara dari luar. Faktanya, saat menggunakan fitur noise cancellation HiTune X5 tidak terlalu istimewa. Cukup standar dan bahkan tidak bisa disebut andalan.

Ini Perbedaan Fitur OPPO Reno6 dan OPPO Reno5

Pemakaian

Untuk daya tahan baterai HiTune X5s cukup baik. Dalam pemakaian, Sindonews umumnya hanya memakai 3-4 jam sehari. Artinya, butuh beberapa hari untuk menghabiskan seluruh baterainya. Cukup irit kok. Adapun mengisi daya 15 menit sudah bisa digunakan untuk mendengar musik selama 1 jam.

Tentu saja, TWS ini juga bisa diajak berolah raga. Sebab, sudah IPX5 alias tahan ciptratan air. Secara keseluruhan, HiTune X5 memberikan perangkat yang sangat cocok dan relevan bagi konsumen Indonesia. TWS yang mudah dikoneksikan, memiliki suara yang fokus di bass, harga cukup terjangkau, serta nyaman digunakan.

Artikel Asli