Cegah Vaksinasi Palsu, Perjalanan Udara Kini Wajib Gunakan Aplikasi Ini

okezone | Teknologi | Published at 20/07/2021 08:00
Cegah Vaksinasi Palsu, Perjalanan Udara Kini Wajib Gunakan Aplikasi Ini

JAKARTA - Surat vaksinasi belakangan dijadikan ladang bisnis untuk oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan beberapa dari mereka membuat surat vaksinasi palsu untuk diperjualbelikan.

Untuk mencegah vaksinasi palsu tersebut pemerintahan pun mulai menerapkan penggunaan aplikasi Pedulilindungi bagi masyarakat yang melakukan perjalanan udara. Namun, peraturan tersebut akan berlaku sementara untuk penerbangan Jakarta-Bali-Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Perjalanan Udara Kini Wajib Pakai Aplikasi Ini

-Orang yang Divaksin Covid-19 Disebut Punya Gelombang Bluetooth, Ini Faktanya

-4 Bahaya Beli Followers untuk Akun Media Sosial

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi menyatakan integrasi data ini ditujukan untuk menghindari penggunaan hasil tes dan kartu vaksinasi manual yang mudah dipalsukan.

Penerapan sistem check in online dengan database hasil tes PCR dan vaksinasi sudah kita uji coba selama 2 minggu dan berjalan dengan baik. Mulai hari ini, kebijakan tersebut kita berlakukan secara resmi karena selain menghindari bukti tes dan vaksinasi palsu, mekanisme ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak bepergian karena tidak perlu lagi menunjukkan dokumen hard copy yang dapat menimbulkan antrian dan kerumunan, kata Oscar seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa (20/7/2021).

Artikel Asli