7 Produk Unik yang Dijual di Taobao Maker Festival Milik Alibaba

sindonews | Teknologi | Published at 20/07/2021 06:05
7 Produk Unik yang Dijual di Taobao Maker Festival Milik Alibaba

JAKARTA - Nama Taobao mungkin tidak sepopuler Alibaba. Situs berbahasa Mandarin tersebut ibarat gabungan antara eBay, Rakuten, dan Amazon.

Taobao tetap berada di bawah Alibaba Group. Bisa dibilang semua barang "made in China" ada di Taobao.

Review POCO M3 Pro 5G, Ponsel 5G Termurah di Indonesia Bisa Apa?

Selama 17-25 Juli 2021 di Shanghai, mereka menggelar pameran offline Taobao Maker Festival (TMF) yang unik di gedung seluas 30.000 meter bersegi. Dimeriahkan sekitar 100 tenant dari beragam kategori. Temanya, adalah "Harta Karun yang Hilang". Diklaim, ini adalah konsep treasure hunt terbesar.

TMF itu apa? Menurut Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung, TMF dihelat untuk merayakan kreativitas dan kewirausahaan. Mendorong pengusaha yang berjualan di Taobao bisa lebih kreatif lagi.

Chris Tung, CMO Alibaba Group.

Dan 100 merchant yang mengikuti TMF memang diseleksi untuk menampilkan berbagai produk yang benar-benar baru. Mulai kerajinan tangan, fashion, hingga teknologi futuristik.

"Taobao adalah platform favorit bagi para kreator dan pengusaha muda di Tiongkok," ujar Chris Tung. Rata-rata usia yang berjualan disana adalah 26 tahun. Dan pada Maret 2021, jumlah merchant baru di Taobao mencapai angka tertinggi sejak 2017. Artinya, pengusaha muda yang berjualan di Taobao tumbuh berkali-kali lipat.

Keunikan Taobao adalah bagaimana platform tersebut mendorong merchant-nya untuk bisa bersaing secara sehat. Caranya, menggunakan sistem rating.

Merchant yang mendapat rating tinggi, bisa menampilkan produk mereka di bagian rekomendasi produk "Good Find" pada platform Taobao. Sehingga lebih cepat sukses, lebih cepat populer.

Selain itu, Chris Tung juga menyebut Taobao berupaya agar pengusaha muda yang berjualan di Taobao juga mudah untuk berbisnis di Alibaba, yang memiliki 925 juta pengguna di Tiongkok. Nah, berikut adalah 7 produk unik di Taobao Maker Festival 2021:

1.Ransel Pixel (Divoom)

Divoom adalah startup yang membuat produk ransel piksel. Jadi, ransel yang bagian belakangnya dilengkapi layar pixel RGB yang gambarnya bisa berubah-ubah. Dan bisa di-setting lewat aplikasi ponsel.

2. Mobil Terbang XPeng Huitian Voyager X2

Xpeng Huitian adalah salah satu perusahaan baru paling inovatif di China. Mereka sedang menciptakan mobil yang dapat terbang rendah berbasis listrik yang ramah lingkungan, nyaman, efisien. Produk andalan mereka adalah Voyager X2. Pada Juni 2021, Voyager X2 berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya.

3. Jam Tangan Bordir Mekanik

Yaosilk didirikan oleh Chen Tao. Brand ini ingin melestarikan budaya China lewat jam tangan mekanik pertama di dunia dengan tampilan bordir Suzhou. Pemakai jam tangan ini dapat melihat warna dan pola yang berbeda saat melihatnya dari depan atau belakang.

4. Tenda Proyektor

The Free Spirits punya pengalaman 11 tahun merancang tenda. Lalu, mereka menciptakan produk "glamping" untuk berkemah dengan nyaman. Lewat tenda proyektor, pengguna dapat langsung menayangkan film bioskop outdoor di tenda.

5. Es Krim Brokoli

Didirikan 2018, By Nice memproduksi dessert atau makanan penutup yang rendah gula dan lemak. By Nice meluncurkan es krim rasa brokoli dan melon yang hanya mengandung sekitar 105 kalori. Lebih rendah dari pisang atau hanya sepertiga dari porsi es krim biasa yang berukuran sama.

6. Burger Transparan

Bao Ji Du Jiao Shou yang didirikan oleh seorang atlet, meluncurkan produk dada ayam instan yang dapat disimpan pada suhu kamar dan dikonsumsi kapan saja. Mereka meluncurkan burger berbasis konjac yang rendah kalori. Patty burgernya akan tampak transparan dan hanya mengandung 4,18 Kkal.

Jangkau 224 Kota/Kabupaten, Ini Kelebihan Layanan VoLTE XL Axiata

7. Treadmill Hewan Peliharaan

Didirikan 2014, Yesoul memiliki spesialisasi dalam hal peralatan fitness di rumah. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, mereka melihat meningkatnya permintaan di kalangan generasi muda. Produk terbaru mereka adalah alat fitness untuk mereka yang tidak bisa membawa hewan peliharaan jalan-jalan atau bermain di luar ruangan.

Artikel Asli