SpaceX Bakal Luncurkan Billboard Iklan Pertama ke Luar Angkasa

urbanasia.com | Teknologi | Published at 13/07/2021 13:07
SpaceX Bakal Luncurkan Billboard Iklan Pertama ke Luar Angkasa

Jakarta - Elon Musk mengumumkan mengenai usaha barunya, yaitu SpaceX yang bekerja sama dengan perusahaan teknik Kanada Geometric Energy Corporation (GEC). Keduanya berencana untuk membawa 'Space Art' ke bulan.

Rencananya,SpaceX dan GEC akan merealisasikan pemasangan iklan di luar angkasa pada 2022.

Konsep iklan di luar angkasa ini hadir ketika kedua perusahaan sepakat untuk meluncurkan DOGE-1 CubeSat, sebuah satelit kecil berbentuk kubus berbasis Dogecoin ke bulan.

Melansir Hypebeast, Selasa (13/7/2021), CubeSat akan menampilkan iklan yang sudah disesuaikan tersebut akan dirilis dari SpaceX Falcon 9 Rocket sebagai bagian dari Program Rideshare GEC.

Pesatnya perkembangan teknologi satelit membuat perusahaan seperti GEC telah mampu memproduksi CubeSat mereka sendiri untuk membawa papan reklame kecil ke luar angkasa.

Biaya iklan ini akan ditentukan oleh nilai pasar token cryptocurrency yang akan dapat dikonversi ke hak yang digunakan untuk mengontrol piksel pada CubeSat. Tentu saja, semakin besar atau tahan lama iklannya, semakin besar pembelian tokennya.

Iklan luar angkasa yang disiarkan langsung ke bumi diperkirakan lebih dicari karena iklan papan reklame di kota besar dapat membuat perusahaan membayar sekitar US$ 923 ribu atau Rp 13,3 miliar untuk memasangnya selama sebulan.

Papan reklame ruang seni CubeSat pertama pun masih diharapkan untuk diluncurkan pada tahun 2022 meskipun GEC masih bekerja pada sistem komunikasi kuantum yang memungkinkan transfer informasi seketika melalui jarak yang jauh.

Kini, SpaceX hanya menerima muatan kecil karena masih ada masalah yang belum terselesaikan seputar peluncuran roket.

Kita masih harus menunggu seperti apa billboard 'Space Art' pertama ini.

"
Artikel Asli